Minggu, 08 April 2012

KUMPULAN CERITA FIKSI

KUMPULAN CERITA FIKSI

Disusun Oleh:

Nama                : Erlitinus
Nim                   : 2010 112 161
Kelas                 : II.D
Prodi                 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata Kuliah     : Menulis Lanjut
Dosen Pengasuh  :        Dian Nuzulia, S.Pd


UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TAHUN AKADEMIK 2010-2011
2. Karangan deskripsi tentang orang.

SIKSA BATINKU

            Sesososk tubuh rapuh yang sudah layu, tersorot oleh panca indra ku. Tubuh yang sudah tak kekar lagi dengan wajah sayu membuat nuraniku remuk bagaikan kertas yang terbakar api hingga menjadikannya abu yang musnah diterpa angin. Bolamataku pun berkaca-kaca tak sanggup menahan butir air mata yang perlahan jatuh dipipiku.
            Wanita tua dengan pakaian lusuh dan rambut yang memutih, tertatih-tatih berjalan dengan kaki yang tak mampu lagi menompang tubuh yang sudah penuh kerutan itu. Ia berjalan dan terus berjalan tanpa ada arah tujuan. Rumah yang beratapkan langit dan beralaskan bumi seakan selalu ingin membuatnya semakin hari semakin tak kuasa menghadapi kersanya hidup di kota metropolitan.
            Kekejaman dunia yang ia rasakan tak lantas membuatanya lemah. Semangat dan perjuangan untuk terus hidup membuatnya sanggup melewati dunia yang fana ini. Tongkat yang menjadi pemacu dan penuntun ia berjalan, selalu mengiringi segenap langkahnya yang sudah tak beraturan lagi. Dengan tubuh yang sudah membungkuk tak membuatnya terjatuh dalam keputus asaan.
            Langkah demi langkah terus terbentuk dari telapak kakinya yang tak beralaskan itu. Mata sayunya sudah tak mampu lagi membawanya untuk melihat warna-warni kehidupan yang ada disekitarnya.
            Hatiku teriris-iris melihat pemandangan yang sangat menghanyutkan batinku. Mataku sudah tak mampu lagi membendung rasa perih yang kurasakan. Tercabik-cabik nuraniku membuatku membayangkan jika aku kelak sudah tak berdaya lagi seperti dia, apa aku sanggup tetap tegar menghadapi gejolak dan kekejaman bumi ini.
            Satu lagi pelajaran yang ku dapatkan hari ini. Keputus asaan bukanlah sesuatu yang harus dihidupkan dalam diri kita, tetapi semangat untuk hidup dan perjuangan gigih ialah kunci dalam menghadapi keindahan serta kekejaman bumi ciptaan Tuhan ini. Jalani hari-hari ini dengan penuh rasa syukur dan jangan sering mengeluh dengan keadaan kita, karena masih banyak orang-orang di luar sana jauh lebih kekurangan dari kita.
            Bangkitkan energi itu dan biarkan membara di dada, ingatlah selalu kebesaran Allah. Kekutan itu akan mengalir dan membakar semangatmu.


1. Karangan eksposisi tentang orang yang disayangi.

DIRANTAI DIGELANGI RINDU

            Syahdu malam berlabu sepi, gelisah menanti bertemu denganmu. Kuntum-kuntum rindu selalu membayangi. Itulah yang selalu aku rasakan, jarak yang seakan membuat kami jauh. Tapi apalah daya, aku dan dia tak mampu melawan semua ini.
Dia…………
Sosok yang tenang mampu membuat hidupku berarti dan mampu membuatku tersenyum. Tutur sapa dan bahasanya yang sangat terjaga membuatku nyaman berada didekatnya dan hatiku damai bila ku berada disampingnya. Sungguh indah perasaanku bila dia disini. Hatiku berbunga-bunga dibuat olehnya. Aku benar-benar merasakan apa yang belum aku rasakan sebelumnya.
 Kehadirannya memberi warna baru dikehidupanku. Dia mampu tenangkan aku di saat risau dalam hatiku, terbuai aku terlena oleh dirinya. Jantung pun bergetar saat ia ada didekatku.
            Senyumnya yang manis seolah menghipnotisku untuk terus memandangi raut wajahnya yang tak begitu rupawan itu. Dia memang pria yang sederhana. Namun, senyumnya yang manis mempunyai sejuta pesona sehingga memaksaku tertengun memandang senyuman yang berseri dari lengkup bibirnya yang indah itu. Indra penglihatanku tak jemu memandangnya.
            Saatku jatuh dia adalah penompang yang selalu membuatku terbangun kembali. Dia begitu berarti untukku. Pemuda yang lembut dan penuh kasih sayang itu selalu memberiku semangat agar dalam menjalani kehidupan ini tidak ada kata putus asa. Seringkali aku mengeluh dan tak ada rasa semangat dalam melaksanakan jenjang pendidikanku. Aku selalu ragu akan kemampuanku. Aku merasa bahwa diriku bagaikan manusia yang tak berguna. Tetapi, dorongan dan semangat selalu ian berikan. Dia mengatakan padaku “Disaat aku mulai lemah, cobalah untuk mengingat orangtua. Harapan penuh selalu tertuju pada kita dari kedua orangtua kita”. Kata-kata itulah yang memberiku motivasi untuk tetap maju.
            Perpisahan jarak antara aku dan dia, tak lantas membuat hubungan kami renggang. Rasa saling percaya yang membut kami tetap bertahan dengan kondisi ini. Satu yang ia pinta dariku “setia”. Aku berjanji untuk menjaga kepercayaannya kepadaku. Aku sangat menyayanginya, kemarin, hari ini, esok dan seterusnya.

5. Karangan persuasi tentang sebuah barang.

KECANTIAKAN KUNCI KEPERCAYAAN DIRI ANDA

            Setelah menggunakan produk ini anda akan merasakan manfaat yang begitu besar. Dengan penggunaan secara teratur maka produk ini akan bekerja secara maksimal. Sudah banyak survei yang membuktikan akan  khasiat produk ini. Dalam jangka waktu yang cukup singkat, maka anda akan benar-benar merasakan hasil produk ini.
            Produk yang berkhasiat menyegarkan dan membuat cerah warna kulit wajah anda, akan membuat anda lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas anda diluar rumah. Anda tidak perlu takut berhadapan dengan sinar ultraviolet secara langsung, karena produk ini akan menjaga kulit anda dari serangan matahari langsung.
            Bintik-bintik hitam dan noda bekas jerawat akan musnah seketika. Kecantikan kulit anda akan terpancar dan akan membuat anda mampu mengekspresi kan diri anda. Anda tidak perlu taku akan sengatan sinar UV langsung, karena kulit indah anda telah dilindungi produk kecantikan yang kami tawarkan.
            Kecantikan adalah keinginan dari setiap wanita. Kecantikan yang alami lebih menonjolkan aurah yang mengesankan. Dengan produk ini akan menuntun anda untuk mengembalikan kecantikan alami anda.
            Uji klinis yang telah dilakukan oleh para pakar kecantikan tidak akan diragukan lagi. Banyak konsumen yang telah membuktikan khasiat produk kecantikan ini. Dengan mengeluarkan sedikit uang anda, dijamin manfaat yang akan anda peroleh jauh lebih dari pengeluaran yang anda berikan.
            Menjaga kecantikan sangat diperlukan, karena kecantikan adalah kunci awal setiap wanita untuk mengikat para mata makhluk Adam. Dengan kecantikan anda, perhatian setiap  laki-laki pasti akan tertuju kepada anda, karena pesona kecantikan yang terpancar dari wajah anda yang putih merona sepanjang hari.
            Pakailah produk ini dan dijamin anda tidak akan menyesal. Bila tak ada hasilya maka uang andfa akan kembali, karena Anda senang kami pun senang.





4. Karangan argumentasi tentang kejadian di sekitar.

MALL SATU ENAM

            Tindakan POLPP yang selalu membatasi waktu untuk para pedagang-pedagang di pasar 16 Ilir Palembang, sering sekali membuat para pedagang mengeluh dan merasa rugi. Bagaimana tidak, dengan waktu yang diberikan kepada mereka tak mampu membawa keberuntungan bagi mereka. Kadangkala waktu yang diberikan kepada mereka sering di kurangi. Biasanya mereka berdagang sekitar pukul 14.00 WIB, dijadikan sampai pukul 15.00 WIB. Dengan waktu yang relative singkat ini, membatasi mereka untuk mengais rezeki guna memenuhi kebutuhan hidup.
            Kebijakan ini dibuat dengan tujuan menertibkan kota Palembang. Saya yang hanya sebagi konsumen. Saya juga setuju dengan kebijakan tersebut, agar kota Palembang lebih rapi dan tertib. Sehingga kota Palembang tetap mempertahankan piala Adipura yang disandangnya selama ini.
            Akan tetapi, kenijakan ini juga tidak begitu adil bagi para pedagang itu, bawasahnya mereka mengais rezeki hanya dengan berdagang di pasar. Apabila lapangan pekerjaan mereka tersebut dibatasi, bagaimana mungkin mereka bisa mencukupi tuntutan hidup yang semakin hari semakin melonjak. Dengan kebutuhan pokok yang acapkali mengalami kenaikan mungkin akan membuat para pedaagang-pedagang itu sulit memenuhi kebutuhan pokok.
            Tetapi mungkin pemerintah juga pasti memikirkan rakyatnya. Pembuatan kebijakan ini mungkin sudah dipikirkan secara matang, agar tidak merugikan pihak manapun. Demi menjaga keindahan dan kearpian kota yang kita cintai ini.
            Untuk itu saya mengajak seluruh warga kota Palembang, marilah kita bersama-sama menjaga dan melestarikan keindahan kota kita ini. Mulailah dari rumah kita sendiri, keindahan yang tercipta akan lebih baik apabila didasari kesadaran masing-masing. Dengan demikian keindahan dan kerapian itu akan tercipta dengan sendirinya.






14. Karangan binatang kesayangan.

PUSPUS KU SAYANG

Merangkak dua tahun kebersamaanku dengan kucing kesayangan ku. Aku menamainya Puspus. Badannya diselimuti bulu bewarna hitam semuanya. Bulunya yang hitam legam, bersinar berkilat apabila ditimpa sinar matahari. Ekornya yang panjang menjuntai, alangkah eloknya. Tubuhnya tegap dan kokoh. Disejajarkan kucing jantan lainnya, kucingku terlihat paling gagah. Garang bila ada orang belum dikenal dan mencurigakan. Tiba-tiba berubah lembut seketika setelah mengenal orang asing tersebut. Ibarat prajurit tentara, kucingku termasuk kualifikasi kucing pilihan, masuk batalyon elit atau pasukan khusus. Matanya selalu menyorot tajam, kukunya siap dikeluarkan bila ada musuh menghadang, serta sepasang kuping yang tegak lurus yang senantiasa mendeteksi gerak-gerik musuh.
Dulu, awal kubertemu dengannya. Aku memungutnya dari tong sampah. Suaranya yang meraung berkali-kali sangat mengiba. Kondisinya saat itu sungguh mengenaskan. Tubuhnya basah kuyup, baunya anyir, bulunya yang lembut, dekil belepotan. Mungkin sering kali dia terperosok ke dalam got. Badannya kurus kering. Aku berpikir, kucing ini bisa jadi ditelantarkan induknya. Seumpama tidak induknya di mangsa oleh kawanan anjing liar. Di tempat kutemukan adalah kawasan sarang anjing. Di sini banyak berkeliaran anjing. Mereka terus-terusan menyalak memandangku, seakan mau menelanku bulat-bulat.
Kini, tak terasa Puspus sudah tumbuh dewasa. Dua tahun aku melewati hari-hari bersamanya. Suka maupun duka kuarungi berdua. Kami saling memberi dan menerima. Aku bahkan tidak mau menganggapnya sebagai hewan piaraanku. Aku tidak memposisikan diriku majikan dan dia bawahan agar lebih manusiawi dan hewani tentunya ukurannya. Kebutuhan kami bisa saling terpenuhi. Aku mendapatkan keamanan, kenyaman dan selingan hiburan. Sedangkan dia, memperoleh kebutuhan perut dan kediaman yang pantas. Tapi, ada hubungan lebih dari itu yang tidak bisa sekedar dijelaskan dengan itungan matematika.
Kupelihara kucing malang tersebut dengan penuh kasih sayang. Hingga sekarang ia tumbuh besar dan sehat. Puspus adalah hewan kesayanganku yang akan selalu ku jaga dan ku pelihara dengan baik.



17. Cerita humor.
BUANG ANGIN
Sepasang suami istri baru menikah, si suami ingin memberikan surprise pada istrinya, suatu hari si suami berkata kepada istrinya: “Sayang, kita pergi yuk, tapi mata kamu harus ditutup yah…!” “Kok harus ditutup sih mas…?” kata istrinya “Yah, pokoknya ada sesuatu untukmu…..” Merekapun berangkat dengan menggunakan taxi, begitu sampe di tempat yang dituju mereka turun, kemudian si suami mengajak istrinya masuk ke rumah baru yang dijadikan sebagai surprise untuk istriya, tapi si suami masih belum mengijinkan istrinya membuka tutup mata.                                                                                                                  Ternyata si istri ingin buang angin, tapi karena masih malu sama suaminya si istri pura-pura minta tolong dibikinin minuman : “Mas, ambilin saya minum dong…!”
Suaminya kemudian pergi mengembil minuman, ketika suaminya pergi si istri buang angin “tuuuut..” Pas si suami datang membawa minuman, ternyata si istri masih ingin buang angin, akhirnya dia bilang ke suaminya … “Mas minumannya kurang manis, tambahin gula lagi yah….” Si suami pergi lagi untuk menambahkan gula pada minuman istrinya, ketika suaminya pergi si istri kentut lagi “tuuuuuut….” Kemudian si suami datang lagi untuk memberikan minuman, tapi ternyata si istri masih ingin buang angin, akhirnya dengan berberat hati si istri minta ditambahkan gula lagi, saat suami pergi istrinya kembali buang angin “Tuuuuut”                                                                                                                      Akhirnya si istri merasa lega karena telah selesai dari keinginan buang anginnya. Ketika si suami tiba dan menyerahkan minuman, kemudian si suami membuka tutup mata si istrinya, si istri terkejut karena ternyata di rumah sudah banyak orang dan disampingnya ada mertuanya, sambil malu-malu si istri bertanya pada mertuanya “Oh Bapak, sudah lama datang..?” Kemudian sang mertua menjawab, “Sudah, sejak kentutan pertama…”







15. Karangan sebuah cerita yang tidak mungkin terjadi.
KENDARAAN DI SURGA

Tiga pria meninggal dan masuk surga. Surga mempunyai peraturan bahwa setiap orang baik jahat maupun orang baik akan mendapat kendaraan yang pantas dengan perbuatannya.   

Lelaki pertama tiba dan malaikat bertanya, “Berapa tahun kamu menikah?”
Jawab lelaki pertama, “20 tahun.”
“Berapa kali kamu mengkhianati istrimu?”
Jawab lelaki pertama, “5 kali.”
“Baiklah,” jawab sang malaikat, “Kamu boleh masuk tapi hanya mendapat Kijang.”
Lelaki pertama pun berlalu dengan Kijangnya.

Berikutnya adalah lelaki kedua. “Berapa tahun kamu menikah?”
Jawab lelaki kedua, “30 tahun.”
“Berapa kali kamu mengkhianati istrimu?”
“2 kali.”
“Lumayan… Kamu pantas mendapatkan BMW.”

Tibalah kini lelaki ketiga dan malaikat pun mengajukan pertanyaan yang sama yang dijawab si lelaki ketiga, “50 tahun.”
“Berapa kali kamu mengkhianati istrimu?”
“Tidak pernah.”
“Luar biasa! Ini kunci untuk Ferrari.”
Suatu hari, tatkala lelaki pertama dan kedua tadi tengah mengendarai
mobilnya, mereka melihat lelaki ketiga duduk di tepi jalan sambil menangis.
Mereka menghampirinya dan bertanya “Ngapain kamu nangis? Ga’ puas sama Ferrari?”
Jawab lelaki ketiga sambil mengusap air matanya, “Tadi aku berpapasan dengan istriku yang sedang naik sepeda…”


12. Mimpi terakhir.
SEBUAH TEKA-TEKI
Malam itu hujan deras menguyur bumi ciptaan Tuhan ini. Tetesan air hujan yang jatuh memberi irama pada atap rumahku. Angin yang berhembus membuat pepohonan dan dedaunan melambai-lambai. Tak kuasa aku menahan rasa kantuk ini, mata ku sayu ingin segera memasuki alam bawah sadarku. Terlelap ku dalam keindahan dunia lain yang membawaku ke mimpi yang cukup membingungkan. Mimpi yang memiliki sejuta teka-teki yang sulit dijawab.                                                                                                                        Dalam mimpi itu aku lihat seekor lalat. Ia berdiri di tepi kolam, kolam yang begitu besar tergambar seperti lautan yang luas. Matanya amat tajam. Ia memandang jauh ke seberang. Ia hendak terbang. Adakah kepak sayapnya yang mungil akan tahan mengarungi luasnya kolam? Tetapi tidak. Ia tampak menaiki kapal. Di atas sehelai daun, lalat itu berlayar. Angin berembus pelan, tapi ia merasakannya sebagai badai topan yang bisa menenggelamkan. Betapa luas itu lautan atau kolam. Ia terombangambing di antara gelombang. Inikah rasanya berlayar? Ia ingin terbang. Ia ingin terbang. Tapi matanya yang mungil tak mampu melihat daratan. Betapa jauh daratan diseberang yang akan ia datangi.                 Aku terbangun dibuatnya, mulanya aku merasa mimpi itu tidak memiliki arti apa-apa. Akan tetapi, setelah aku pikir-pikir lagi, ternyata mimpi itu adalah sebuah isyarat untukku. Laut, kolam serta daratan. Adakah pulau seberang? Mungkin, dan aku pun mulai yakin, bahwa mimpi itu tentu tak datang sia-sia. Pasti ada yang hendak disampaikannya. Adakah aku telah ditegur karena telah mengabaikan orang-orang yang sayang pada ku, aku selama ini dan lebih memikirkan diri ku sendiri, aku lebih memikirkan keegoisanku. Dan sebagaimana yang aku lihat di dalam mimpi, tidakkah negeri seberang yang hendak dituju oleh lalat itu menandakan bahwa mereka telah pergi jauh dari ku? Dan jika memang demikian adanya, bukankah sebaiknya aku kembali seperti sediakala. Aku harus lebih memperhatikan orang-orang disekelilingku, orang-orang yang menyayangiku.



11. Mendeskripsikan diri sendiri.
BAGAIMANA AKU
            Aku adalah anak yang manja, aku ingin selalu diperhatikan oleh orang-orang disekelilingku. Perhatian dan dorongan yang penuh akan membuatku merasa lebih dihargai dan lebih berarti. Tapi, seringkali hal itu tidak ku dapatkan dari mereka. Perhatian dan dorongan mereka tidak sepenuhnya untukku. Aku sedih dan aku sakit, aku merasa bahwa hidupku tidak akan berguna tanpa perhatian dari mereka.                                                      Adakala aku berpikir, untuk menjadi orang yang selalu diperhatikan maka harus ada usaha yang keras dan hal yang dapat ditonjolkan. Dengan demikian perhatian orang-orang akan tertuju pada ku. Aku juga termasuk orang yang egois, akibat keegoisanku seringkali mencelakakan diriku sendiri. Aku tidak suka orang-orang yang selalu mencari masalah denganku, orang-orang yang sombong atau orang-orang yang merasa dirinya hebat. Kalau ada orang yang marah padaku sedangkan aku merasa kalau itu bukan karena kesalahanku, maka pantang bagiku mengucapkan kata maaf, itu memang merupakan sifat burukku.                        Apabila ada orang yang mencari gara-gara denganku, maka aku akan lebih banyak lagi mencari gara-gara dengan orang tersebut. Tanpa memikirkan apakah itu benar atau salah. Dalam hidup ini tujuanku ialah membahagiakan kedua orangtuaku, karena orangtuaku adalah kunci utamaku dalam mencari kebaikan dan menghargai arti hidup. Aku sangat menyayangi keluargaku dan orang-orang yang sayang padaku. Menghargai serta menjaga perasaan orang lain adalah prinsip hidupku. Aku sangat menjaga tutur kataku agar orang lain tidak tersinggung dengan ucapanku. Tetapi, aku termasuk orang yang mudah tersinggung, apabila ada kata yang menyinggung perasaanku, aku tidak akan pernah lupa sampai kapan pun. Walaupun tidak aku tunjukkan dengan raut wajah yang marah, tetapi hanya ku balas dengan senyuman. Rasa dendam sering menghantui pikiranku, itu semua aku biarkan berlalu agar tidak menjadi sebuah malapetaka untukku dan orang lain. Seperti inilah aku, sesosok perempuan yang manja, egois, dan selalu ingin diperhatikan.



9. Karangan lukisan diri dari kaca.

GADIS MUNGIL

Saat ku tatap sebuah benda dihadapan ku ku lihat betapa indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa ini. Wajah yang bulat dan lekuk bibir merah yang merona dengan dihiasi warna hitam bulat di tepi mulut mungilnya membuanya tampak begitu indah. Rambut hitam yang sedikit keriting memberi warna yang mengisyaratkan bahwa gadis mungil ini terlihat lucu dan menawan.
Oh Tuhan…. Betapa indahnya paras makhluk yang Engkau ciptakan ini. Kekuasaan-Mu tiada tara, dengan ini Engkau membuat gadis dihadapan ku ini begitu sempurna. Kecantikan yang terpancar darinya membuat penglihatan tak jemu memandangnya. Apakah ini yang dinamakan racun dunia  yang akan membutakan panca indra makhluk Adam.
            Lekukan senyuman yang terpancar dari bibirnya selalu membuat orang akan terbayang dan rindu padanya. Anugerah terindah bagi mereka adalah mengenal sosok yang rupawan ini. Tiada salahkah mataku melihat sosok ini? Tentu ini adalah kenyataan yang ada di depan mata. Rambut keritingnya membuat wajah mungilnya lebih lucu dan terlihat centil. Kesempurnaan ini akan lebih terlihat apabila diiringi dengan tutur katanya yang lembut.
            Aku terpana melihat pemandangan ini, pemandangan yang mengalahkan keindahan pantai, air terjun, bahkan mampu mengalahkan keindahan langit yang memerah disore hari. Sungguh takjub aku menyaksikan keajaiban ini.
            Apa aku salah lihat, aku melihat secercik cahaya terang yang terpancar dari kaca dihadapanku. Apakah bola matanya yang bulat itu yang seakan memancarkan sinar yang memantul di kaca? Tetapi ternyata, aku memang salah lihat. Sinar yang memantul itu rupanya adalah sinar lampu yang berasal dari belakangku. Tanpa disadari hari sudah gelap. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, mungkin karena aku terlalu lama berkaca sehabis mandi tadi.
            Inilah kekuasaan dari sang pencipta yang telah menciptakan keturunan Hawa yang begitu rupawan. Keelokan dan keindahan yang diberikan Dia kepadaku, akan selalu ku jaga dengan baik dan akan selalu ku syukuri dengan hati yang senang.


10. Karangan tentang orang yang saya sayangi dan ide yang ada dipikirannya.
MALAIKAT CINTAKU
            Dia adalah malaikat ku, yang selalu memberikan cahaya terang dalam hidupku. Aku sungguh sangat beruntung mempunyai orang sepertinya. Dia adalah kedua orangtuaku. Aku sangat menyayangi kedua orangtuaku.                                                                                                Ibu yang melahirkan ku dan menjaga ku dengan penuh kasih sayang hingga aku tumbuh dewasa seperti sekarang ini. Ayah yang selalu memberikan ku kehidupan yang layak dan selalu mengajariku tentang apa-apa yang baik dan buruk yang harus aku lakuakan atau aku tinggalkan.                                                                                                             Kasih sayang yang tulus dan perhatian yang begitu besar, memotivasiku untuk menjadi orang yang lebih baik, menjadi orang yang menghargai arti hidup yang sesungguhnya. Walaupun terkadang konflik dan perbedaan pendapat acapkali menghampiri, tetapi tidak sedikitpun mengurangi rasa sayang mereka kepadaku. Terkadang aku berpikir, apakah aku sudah membahagiakan mereka dan apakah aku mempu membuat mereka bangga kepadaku. Entahlah, tetapi aka akan selalu berusaha manjadi yang terbaik untuk mereka, dan aku akan berusaha membuat mereka bangga kepadaku.                                                              Harapan yang penuh tertuju padaku dari kedua orangtuaku. Mereka menginginkanku menjadi orang yang sukses. Mereka menginginkanku bisa membuat mereka bangga. Do’a serta dorongan selalu mereka berikan untukku. Mereka adalah jantungku, yang akan selalu ku sayangi. Apa yang mereka inginkan dan cita-citakan akan aku laksanakan dan akan aku penuhi.                                                                                                                                Kini giliranku untuk membalas semua jasa-jasa mereka kepadaku, walaupun yang aku lakukan tidak sebanding dengan apa yang mereka berikan kepadaku. Mereka telah merawatku dan membesarkanku dengan penuh perjuangan. Akan aku lakaukan apapun untuk membahagiakan mereka. Ayah dan ibu, anak kalian kelak akan menjadi apa yang kalian harapkan. Aku mencintai kalian ayah dan ibu. Ayah dan ibu akan selalu dihatiku untuk selamanya.





37. Rumah idaman.

ISTANA KECILKU

Rumah yang aku inginkan dan selalu aku impikan adalah rumah yang tidak begitu besar tetapi mempunyai perkarangan yang luas. Rumah dengan dua lantai, lantai pertama akan aku sediakan untuk ruang tamu, dan ruang makan serta dapur. Rumahku memiliki teras kecil didepannya, teras yang dikelilingi tanaman bunga mawar yang harum dan bunga-bunga lain yang akan menambah keindahan penglihatan.
Lantai dua khusus untuk kamarku. Kamar otomatis, tersedia tempat tidur yang bisa dikeluarkan dengan menggunakan pengontrol khusus, sofa dan televisi juga tak lupa aku letakkan dikamarku. Atap kamarku juga dibuat dengan pengontrol otomatis, dengan dua lapisan atap. Atap yang paling atas khusus untuk atap yang mampu menahan cahaya matahari di siang hari, sedangkan atap pada lapisan kedua terbuat dari kaca. Gunanya pada malam hari aku bisa melihat pemandangan bintang dan bulan secara langsung, dengan demikian aku akan merasa seolah-olah aku berada langsung dibawah bulan dan bintang. Pada saat hujan dimalam hari aku akan merasakan bahwa air hujan itu seolah menetes mengenai pipiku.
Kasur yang empuk dan pemandangan malam yang indah tentu akan membuat lelap tidurku. Aku seakan-akan tidur bersama bulan dan bintang. Aku bagaikan hidup yang sempurna, memiliki rumah yang begitu indah. Walaupun rumah yang tidak begitu besar, tetapi terasa besar bagiku apabila aku bisa merasakan hidup dengan nyaman dan damai di rumah ini.
Pagar tinggi di belakang dan pagar sedang terletak didepan. Di sekitar perkarangan rumahku akan aku tanami pohon-pohon yang rindang, empat pohon mangga mengelilingi setiap sudut rumahku. Satu pohon jambu berada di belakang rumahku. Dibawah pohon yang rindang itu ada sebuah kolam kecil untuk ikan-ikanku berenang. Dengan dihiasi air mancur serta kerikil-kerikil kecil disekeliling kolam ikan. Burung-burung dan kupu-kupu berterbangan ditaman bunga yang berada di sebelah kiri rumahku. Suara kicauan burung yang bernyanyi-nyanyi dan gemercik air dari kolam ikan, akan menambah kenyamanan dan kedamaian yang ada.  Rumahku berada di sebuah pulau yang begitu indah. Sungguh bahagia hidupku memiliki rumah seperti ini.


21. Karangan jika menjadi seorang sales (penjual) barang.
CITRA DARI UNILEVER
            Permisi ibu, ini kami dari PT. Unilever Indonesia mau menawarkan produk kecantikan kepada ibu. PT. Unilever Indonesia kini telah mengeluarkan produk baru untuk menjaga kecantikan para wanita Indonesia. Dari Unilever sendiri ingin menjadikan para wanita-wanita Indonesia menjadi wanita-wanita yang cantik baik luar maupun dalam, karena kecantikan adalah kunci kepercayaan diri para wanita.                                                         Produk yang ditawarkan oleh PT. Unilever Indonesia ialah Citra Lasting White. Citra Lasting White lotion baru dengan bengkoang untuk kulit tampak putih alami yang tahan lama. Citra Lasting White mengandung bengkoang alami, yang dikenal sejak ratusan tahun lalu dipakai oleh para putri keraton untuk menyejukkan kulit tubuh dan wajah, sekaligus membuat kulit tampak lebih putih alami.                                                                                    Citra Lasting White dengan sensasi sejuk dan vitamin antioksidan (vitamin C dan E), yang dikenal dapat membantu menetralkan efek buruk lingkungan. Lotion ini bekerja dari dalam untuk membuat kulit tampak lebih putih alami. Dengan double sunscreens yang melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari untuk menjaga kulit tampak putih lebih lama.         Gunakan lotion ini dua kali sehari ke seluruh tubuh secara teratur, sebiknya digunkana setelah mandi untuk hasil yang lebih maksimal. Citra Lasting White lotion cocok untuk semua jenis kulit. Dengan pemakaian yang teratur maka Anda akan merasakan manfaat yang nyata dari produk ini.                                                                                                               Memiliki kulit yang putih alami tentu dambaan setiap wanita. Apalagi yang sudah mempunyai suami seperti ibu ini, tentunya ingin memiliki suami yang betah di rumah. Dengan menggunakan Citra Lasting White ini, dijamin pasti suami ibu akan betah di rumah, tidak akan tahan berlama-lama di luaran. Kami menawarkan produk terbaru dari PT. Unilever Indonesia ini karena melihat banyaknya permintaan para konsumen terutama para perempuan Indonesia yang menginginkan kecantikan yang alami. Untuk itu kami menciptakan produk terbaru ini.                                                                                                                                 Dengan harga yang ekonomis, tentu terjangkau oleh kantong ibu. Harga bukanlah masalah untuk mendapatkan kecantikan yang luar biasa bagi ibu. Ibu tidak akan menyesal membeli produk dari kami. Karena kualitas produk kami sudah diuji dan hasil yang dicapai juga sangat memuaskan.

40. Karangan tentang film favorit.
HARRY POTTER
Harry Potter...                                                                                                                         Sebuah film yang dibintangi oleh artis-artis yang sudah tidak diragukan lagi kualitas aktingnya. Penggarapan film yang memakan waktu cukup lama ini sangat banyak peminatnya. Film yang mengisahkan kehidupan di dunia sihir ini mampu memukau para penggemarnya. Dengan adegan-adegan yang menegangkan dan alur cerita yang membuat penasaran menjadikan film berseri ini selalu ditunggu-tunggu para insan pertelevisian di dunia.                                                                                                                                              Dalam film ini menceritakan seorang anak keturunan penyihir hebat yang selalu di kenang sepanjang masa. Anak yatim piatu ini hidup di dunia nyata sebagai anak yang selalu di aniaya oleh paman dan bibinya. Dia dianggap sebagai pembawa sial dalam keluaraga. Tidur di ruangan bawah tangga yang sempit membuat anak ini selalu merasa bahwa hidupnya sangat kejam sejak di tinggal oleh kedua orangtuanya.                                                   Tanda lahir yang terletak di kening anak ini membuat anak ini selalu dikejar-kejar oleh penyihir jahat yang menginginkan dia mati. Harry Potter masuk sekolah penyihir, ia selalu di bayang-bayangi oleh sosok yang menakutkan yang ingin merengut nyawanya. Di sekolah sihir Harry Potter memiliki dua sahabat karib yang selalu bersamanya, yang selalu siap membantunya melawan kejahatan.                                                                               Film yang dibuat dan di edarkan dari tahun ke tahun ini selalu di nanti-nanti. Tidak tanggung-tanggung pada saat mengeluarkan buku untuk cerita yang terakhir dari film ini, para penggemar film ini harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Buku yang di jual di berbagai toko buku yang ada ini memang sangat mahal. Tetapi, demi mengetahui akhir perjalanan Harry Potter dalam mengalahkan musuhnya, para penonton tidak akan akan segan-segan meroggok kocek dalam-dalam, karena uang bukanlah masalah bagi para penggemar film ini.                                                                                                                                    Cerita yang memiliki tujuh seri ini, akan membuat penonton mamasuki alam imajinasi. Alam yang mengisahkan kehidupan para penyihir. Memiliki tongkat ajaib dan memiliki mantra-mantra, tentunya tidak akan kita jumpai di kehidupan nyata. Tetapi, film ini mampu menghipnotis para pengemarnya untuk ikut masuk ke duania sihir berdasarkan cerita yang di buat oleh pencipta film ini.        

46. Jika memiliki kesempatan bertemu dengan tokoh pahlawan favorit.
SUPERMAN
Super hero merupakan jagoan-jagoan yang siap membela kebenaran dan menumpas kejahatan. Tokoh super hero seperti Superman yang dilambangkan dengan huruf S di dadanya serta mengenakan pakaian yang unik, seperti menggunakan sayap berwana merah di belakangnya. Dengan sayap itu maka Superman akan bisa terbang.             Andaikata aku bisa bertemu dengan Superman, maka aku akan ikut Superman terbang mengelilingi jagat raya ini. Aku akan terbang bebas seperti burung yang tidak memiliki baban dalam hidup. Aku juga akan ikut Superman melawan musuh-musuhnya. Menumpas kejahatan di muka bumi ini, bersama pahlawan super hero yang memiliki tubuh kekar dan otot baja.                                          Terbang..... dan teruuussss terbang.                                                                            Aku juga tidak perlu repot-repot lagi ke kampus naik angkutan umum, karena aku bisa minta antar Superman untuk ke kampus. Terbang ke langit yang tinggi, mengarungi samudera yang luas, pergi ke luar negeri dengan mudah dan cepat, serta manaiki gunung Himalaya yang terkenal itu. Tanpa mengeluarkan tenaga dan uang sedikit pun.                                 Aku akan mengajak Superman terbang mengelilingi cakrawala. Tidak hanya itu tentunya, aku ingin mengelilingi seluruh yang ada diluar angkasa. Aku akan berjumpa dengan makhluk-makhluk luar angkasa, aku juga akan bertemu dengan alien. Bertutur sapa dengan semua penunggu planet-planet yang ada di tata surya , mulai dari planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Sartunus, Uranus, serta Neptunus. Bahkan Pluto sekalipun yang sudah tidak menjadi planet dalam tata surya juga akan aku datangi. Tetapi, aku tidak akan mengelilingi Matahari, karena nanti aku bisa mati terbakar. Aku pasti akan menaiki bulan dan bintang serta komet-komet, aku akan terbang mengapung bersama Superman di luar angkasa sana. Tanpa memerlukan oksigen tentunya karena adanya kekuatan Superman.                                        Dengan Superman aku bisa kemana-mana sesuka hatiku. Aku bisa malakukan segala hal yang aku inginkan. Tanpa dibayang-bayangi uang dan tenaga, semua itu akan terjadi karena sang pahlawan super Superman, penakhluk kejahatan dan pembela kebanaran. Oh... sungguh bahagia hidupku. Mengelilingi ciptaan Tuhan dengan terbang bebas bersama super hero yang tangguh yaitu Superman.


35. Karangan jika aku menjadi orang tertua di dunia.
KENIKMATAN DUNIA
Umur adalah hal yang tidak akan diketahui oleh siapa pun. Umur seseorang telah digariskan oleh sang pencipta. Seandainya aku adalah orang yang memiliki umur panjang, tentu akan banyak pengalaman-pengalaman dalam hidupku. Banyak hal yang akan aku lakukan dalam hidupku, hal yang tidak akan ditemukan lagi jika kelak aku mati meninggalkan dunia ini.                                                                                                       Pada saat umurku masih balita, aku hanyalah bayi kecil yang lucu dan tidak mengerti apa-apa. Menginjak remaja, aku adalah remaja yang nakal selalu ingin mencari jati diri. Aku akan menikmati hidupku dengan kemewahan-kemewahan duniawi. Karena umurku panjang, maka pada saat muda aku akan menghalalkan segala cara untuk memperoleh kepuasan dan kenikmatan hidup di dunia ini. Apapun akan aku lakukan, apabila aku tidak memperoleh kemewahan dengan cara yang baik, maka cara terburuk pun akan aku lakukan. Kata-kata uang adalah segalanya akan membayangi hidupku.                                                                                     Hidup mewah dan bergelimbangan harta telah aku peroleh, pergi keluar negeri dan berfoya-foya akan menjadi kehidupan yang teramat menyenangkan bagiku, tanpa memikirkan dosa, karena target umurku masih panjang. Bersenang-senang setiap saat dan bermandikan uang yang banyak. Semuanya bisa ku beli dengan uangku, apapun yang aku inginkan akan aku dapatkan. Uang mampu membuat hidup duniaku bagaikan surga.                   Memiliki suami yang baik dan taat beribadah akan membimbingku menuju jalan yang benar. Suami ku tidak akan aku ajak masuk ke dalam duniaku, karena kelak suamikulah yang akan menuntunku. Aku akan menyayangi suamiku dengan sepenuh hatiku, dan aku juga akan patut dan tunduk kepada suamiku.                                                                                                  Setelah umurku cukup tua, tidak terasa semua hal telah aku lewati. Kesenangan duniawi telah aku dapatkan. Maka tibalah saatnya aku taubat, meminta ampun kepada Tuhan, minta maaf atas segala dosa-dosa yang telah aku perbuat. Batas yang aku perlukan untuk bersenang-senang hanyalah sampai tujuh puluh tahun saja. Selebihnya aku akan menghabiskan sisa umurku untuk mengharap ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan bersungguh-sungguh taat menjalankan perintaa Allah.


41. Bagaimana jika pohon dapat berbicara.
DERU KICAUAN POHON
Apabila di dunia ini ada pohon yang dapat berbicara, pasti dia akan berkata ”Jaga aku dan lestarikan aku”. Pohon juga merupakan makhluk hidup yang ingin hidup di tanah ciptaan Tuhan ini. Tetapi, manusia-manusia di bumi ini selalu menebang pohon-pohon secara liar, sehingga kehidupan pohon yang lebat dan rimbun sekarang sangat sulit di jumpai. Setiap makhluk hidup pasti memerlukan air untuk tetap mempertahankan kehidupannya, begitu juga dengan pohon. Air-air yang bersihpun sekarang sudah tercemar oleh limbah-limbah industri maupun limbah dari rumah tangga.                                                                                                 Andai pohon dapat berbicara, aku akan mejadikan ia sebagai sahabatku. Akan ku jaga dan ku lestarikan pohon-pohon yang ada di tanah ini. Aku ingin hidup di hutan, dikelilingi pohon-pohon yang lebat dan asri. Aku juga akan membuat rumah ku berada di atas pohon, agar terhindar dari binatang buas. Setiap hari akan aku habiskan dengan melompat dan bergelantungan di atas pohon. Menghabiskan waktu bercerita-cerita bersama pohon temanku.        Suara kicauan pohon membangunkan ku dari tidur panjangku. Dipagi hari yang dingin, pohon-pohon menghangatkan tubuhku dengan diselimuti dedaunannya yang rimbun. Pohon sahabatku selalu berbagi cerita bersamaku setiap hari. Aku dan pohon-pohon sehabatku akan meberitahukan kepada seluruh manusia di dunia ini bahwa mereka semua haru tetap menjaga dan melestarikan tumbuh-tumbuhan hijau. Tetapi, apabila mereka membangkang, maka aku dan teman pohonku akan memberi mereka pelajaran, yakni dengan cara kami hancurkan rumah-rumah mereka dan akar-akar pohon yang panjang-panjang itu mengikat mereka agar mereka mengerti serta mereka ingin mejaga kelestarian lingkungan.  Apabila kita berada di tengah hutan yang lebat dan banyak binatang buas, kita bersahabat dengan pohon tentu kita tidak perlu merasa cemas. Karena kita dapat berlindung pada pohon yang tinggi yang tidak mungkin dicapai oleh para binatang buas yang ingin memangsa kita. Kita pasti selamat dari marabahaya yang acapkali akan menghampiri. Berbicara dengan pohon tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan.



30. Karangan tentang hari favorit.
MINGGU KU TUNGGU
            Tujuh hari dalam satu minggu, namun ada satu hari yang selalu ku tunggu dan menjadi hari favorit dalam kehidupanku saat ini. Hari itu adalah hari minggu. Hari ini layaknya kekasih yang membiarkan pujaan hatinya bersandar disaat ia letih dan menghiburnya disaat ia sedih. Makna hari minggu sangat dalam dihidupku, hari minggu hari yang bisa membuat ku bisa mengekspresikan diri. Dihari minggu aku dapat membuang semua rasa penat yang aku rasakan, membuang semua rasa emosi yang tependam di dalam jiwa selama enam hari, dan hari minggu aku dapat menyegarkan otakku yang harus terus bekerja setiap harinya.                                                                                                 Tugas yang menyerangku secara bertubi-tubi setiap hari seolah tiada habisnya, membuatku merasa bagaikan pekerja paksa dalam enam hari. Namun, dihari minggu ini aku dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat aku lakukan dihari-hari lainnya, seperti beristirahat, jalan-jalan, atau bahkan bermalas-malasan. Hanya dihari minggu aku dapat melakukan hal itu.                                                                                                              Mungkin juga hari minggu merupakan hari favorit bagi para pegawai, karena di hari itu mereka dapat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga mereka. Selain itu juga, hari minggu juga merupakan hari yang paling disenangi semua anak-anak sekolah, karena dihari ini mereka dapat berlibur sekolah selama enam hari melakukan aktivitasnya sebagai pelajar.            Kepenatan yang selalu ku rasakan setiap hari membuat ku merasa sebagai romusa yang terus dipaksa bekerja oleh para penjajah. Jika tidak ada hari minggu mungkin aku bagaikan manusia robot yang harus terus beraktivitas karena tuntutan profesi yang aku jalani sekarang ini, yaitu sebagai seorang mahasiswi di salah satu universitas swasta di kota Palembang.                                                                                                                             Minggu juga merupakan hari yang teramat sangat ditunggu-tunggu oleh para muda-mudi yang lagi dimabuk asmara. Hari minggu ini biasanya dijadikan para remaja untuk berjalan bersama kekasih tercintanya. Menghabiskan waktu seharian penuh tentu merupakan hal yang langkah bagi orang-orang yang memiliki segudang aktivitas. Tetapi, semua itu akan terbayarkan karena adanya hari minggu. Hari minggu bagaikan pahlawan keceriaan yang selalu di nantikan kahadiranya. Selamat hari minggu dan selamat berlibur untuk semuanya.

42. Sebuah pulau ada di halaman belakang rumah.
LINGKARAN KECIL YANG INDAH
Rumahku tidak bgitu besar, kecil tapi menyenangkan dan sangat asri. Di belakang rumahku terdapat pulau yang sangat indah. Pulau yang berbentuk lingkaran kecil ini dikelilingi air laut yang biru dan tenang, serta pasir pantai yang indah. Di pulau kecil itu terdapat pondok yang terbuat dari bambu dan ada berbagi macam bunga-bunga yang harum dan indah. Bunga yang selalu didatangi semua jenis kupu-kupu yang cantik. Kelinci dan binatang-binatang lucu lainnya berlari-lari mengelilingi pulau kecilku.                                                 Setiap hari aku menghabiskan waktu ku di pulau ini. Aku bermain bersama kupu-kupu dan berlari-lari di taman bungaku yang indah. Aliran sungai yang mengalir membelah pulauku menjadi dua menambah keindahan yang ada di lingkaran kecil di belakang rumahku ini. Air sungai yang biru dengan ikan-ikan hias yang warna-warni menjadikan sungai kecil ini seperti hidup. Gemercik suara air sungai akan membawaku menikmati susana yang elok disini. Tersandar ku di ayunan bambu yang terdapat di pulau kebahagiaan ini, terbawa susana yang nyaman dan tentram. Hati gelisah dan gundah gulana yang melanda akan hilang seketika ketika aku berada disini. Bagaikan hidup di taman surga yang indah, memiliki sejuta keindahan yang tak bisa di uraikan dengan kata-kata, hanya bisa dirasakan dengan perasaan.            Pasir pantai yang putih dan bersih, deru ombak dari laut yang biru dan sejuk, serta gemercik suara aliran sungai yeng terdapat di pulau kecil ini, selalu membuatku tak ingin jauh-jauh dan meninggalkan pulau ini. Aku ingin selalu berada disini, di lingkaran kecilku yang indah. Buah-buah segar tumbuh dengan subur dan ranumnya pepohonan hijau akan membuat ketenangan jiwa bila berada disini.                                                                         Aku tak menginginkan apa-apa lagi, aku hanya ingin hidup selamanya di pulau ini. Kebahagiaan ku sudah tertanam dalam-dalam di pulau ini dan tidak akan mungkin dapat ditemukan dimanapun juga. Hati dan perasaanku sudah terbungkus di sungai dan taman bunga yang ada disini. Aku akan menjaga dan menyayangi pulau kecil ku ini hari ini, esok  dan selamanya.



23. Jika aku hidup sebagai manusia gua.
SAAT KEKERASAN DIPELUPUK MATA
            Kehidupan merupakan hal yang dapat mengisi bumi ciptaan Tuhan ini. Adanya kehidupan akan membawa keramaian di dunia ini. Makhluk hidup yang diciptakan Tuhan sangat bermacam-macam dan memiliki karakter masing-masing. Termasuk makhluk-makhluk yang memakan habitat dan keluarganya sendiri. Hidup memang keras, penuh perjuangan yang gigih untuk tetap mempertahankan diri dari musuh-musuh yang siap setiap saat memangsa tanpa memikirkan apa yang akan ia mangsa.                                                  Jika aku hidup sebagai manusia gua, tentu hal yang serupa akan aku lakukan. Menjaga diri dari serangan makhluk buas. Aku akan hidup di dalam gua guna mengamankan diri agar tidak menjadi santapan yang lezat bagi binatang-binatang pemakan daging. Kesiapan berbagai senjata pun akan aku buat, mulai dari pisau, batu, dan tongkat tajam yang akan melindungi diriku. Hidup sebagai manusia gua memang sangatlah sulit, terutama untuk menjaga keselamatan diri. Makanan pun harus dicari sendiri di dalam hutan belantara yang kejam dan menakutkan.                                                                                                         Hari-hari aku lewati dengan mengembara di penjuru hutan, untuk mencari makan agar memperkuat tenaga ku melawan kekerasan yang selalu ada di depan mata. Tidur yang beratapkan batu dan juga beralaskan batu tak akan menjadi masalah yang besar. Makan apapun yang ada dihutan akan terasa lezat apabila perut sudah terasa lapar.                                       Bertemankan hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan, akan menjadi sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Apabila ada binatang buas yang mengejarku, maka aku memanjat pohon yang besar dan tinggi. Sebagai manusia gua, aku memang memiliki keahlian dalam urusan memanjat dan berlari dari kejaran mereka, para binatang yang ingin memakanku. Membunuh binatang untuk dijadikan santapan pun kerap kali aku lakukan. Membuat senjata dari batu dan baju dari dedaunan menjadi aktivitas keseharianku. Akulah manusia gua yang tidak akan pernah takut pada apapun. Aku akan melawan dan menakhlukan para binatang-binatang buas atau apapun itu yang mengancam keselamatanku dan yang selalu mengintaiku. Akulah manusia terkuat dan aku akan menjadi raja dari segala raja yang ada dihutan dan gua-gua yang ada adalah rumahku.


24. Jika aku hidup di planet lain.
YUPITER RUMAHKU
Aku bukan makhluk yang hidup di bumi. Tetapi, aku adalah makhluk luar angkasa yang tinggal di planet lain dalam tata surya. Aku hidup di palnet Yupiter, atau yang sering disebut planet cincin karena ada lingkaran yang mengitari planet ini seperti cincin. Planet yang terlihat megah dan menawan ini adalah rumahku. Hidup seorang diri di tempat yang asing, serta memiliki teman-teman yang tak serupa dengan ku. Teman-temanku adalah para alien dan makhluk luar angkasa lainnya.                                                                                    Berbicara pada alien tentu berbeda dengan berbicara pada manusia-manusia di bumi. Bersama teman-teman alienku, aku akan mengelilingi antariksa yang ada di tatanan tata surya. Mengambang di awang-awang, menuju planet terjauh sekalipun. Terbang ke bulan dan bintang, menaiki komet-komet serta batu meteor yang bercahaya. Berjalan di luar angkasa dari planet Merkurius yang paling dekat dengan matahari sampai pada planet yang terjauh dari matahari sekali pun.                                                                                                   Pada saat tubuhku kepanasan maka aku langsung terbang ke pluto yang jauh dari matahari. Tetapi, pada saat aku kedinginan aku segera meluncur mendekati matahari. Aku bermain lempar-lemparan bersama alien-alien, bersembunyi di planet Venus. Benda yang menjadi permainan kami adalah bintang dan meteor. Aku melemparkan meteor ke alien yang bersembunyi di belakang bumi, sehingga lemparanku mengenai bumi. Bumi pun goyah, para makhluk-makhluk hidup di bumi merasa risau. Air laut pun meluap, sehingga terjadilah tsunami yang besar.                                                                                                                    Aku dan alien datang secara tiba-tiba ke bumi. Kami kemudian meninggalkan jejak yang akan membuat para manusia bumi bertanya-tanya. Jejak kaki alien dan pesawat kami tersorot oleh panca indra para manusia. Sesuai dengan aktivitas kami, yakni mengelilingi seluruh yang ada di tata surya. Kami bermain-main dengan matahari. Palnet-planet kami putar-putar, pluto kami letakkan di dekat matahari agar pluto mencair, Serta mars, sartunus dan neptunus kami letakkan di depan bumi. Sehingga bumi akan tertutupi dari matahari dan bumi akan mengalami malam yang berkepanjangan serta makhluk hidup yang ada di bumi akan sengsara.  Para ilmuan yang pintar sekalipun tidak mampu menafsirkan semua ini dengan logika. Sungguh menyenagkan menjadi manusia satu-satunya yang bisa tinggal di luar angkasa dan berteman dengan makhluk-makhluk luar angkasa.

22. Jika aku menjadi presiden.
AKULAH SANG PENGUASA
            Presiden adalah pemimpin yang berkuasa di setiap negara, dan aku  adalah presiden Amerika Serikat, negara adikuasa yang hebat dan maju. Visi dan misi ku ialah menjadikan Amerika semakin maju dan kuat. Aku akan menggerakkan para tentara dan pasukan-pasukan senjata Amerika untuk bertarung melawan negara-negara yang menentang Islam tegak dan berdiri di negara tersebut. Negara Amerika merupakan negara yang menentang ajaran Islam, maka dari itu, aku menjadikan agama Islam sebagai agama nomor satu di Amerika.             Bagi orang-orang yang menentang kebijakan yang aku berikan, maka akan mendapatkan hukuman. Preeseks dan pakaian yang kurang dasar aku hapuskan dan musnahkan. Seks bebas yang dilanggar dalam agama Islam secepat kilat musnah seketika. Agama Islam berdiri tegak dan kokoh di Amerika, sedangkan Indonesia di jadikan negara sahabat, bantuan datang dari Amerika untuk Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang bukan hanya berkembang saja, tetapi negara yang maju dan memiliki sumber daya manusia yang pintar serta berkualitas.                                                                                                         Akulah sang penguasa. Budaya-budaya barat yang tidak mencermikan moral yang tinggi dan kurang ajar terhapus dan punah dari peradapan. Aku suka peperangan, peperangan melawan para musuh-musuh Islam. Bagi siapa saja yang melanggar maka akan menjadi musuh dalam peperangan tersebut.                                                                                            Setiap agama boleh saja berdiri, tetapi bagi agama-agama yang benar-benar tidak sejalan dengan kebaikan, yang hanya ingin merusak. Tentu akan menjadi penyakit yang harus dibasmi secepat mungkin agar tidak terlalu jauh menyebar. Setiap negara harus meimilik masjid yang berdiri kokoh dan megah. Negara-negara Islam akan menjadi negara sahabat bagi benua Eropa.                                                                                                                       Sang penguasa akan melakukan apapun bagi orang-orang yang menentangnya. Orang-orang yang menjadi musuh sang penguasa pasti sengsara hidupnya. Tetapi sebaliknya, bagi orang-orang yang mengikuti perintah sang penguasa maka hidupnya akan tentram dan makmur.


28. Jika aku mempunyai uang bermilyar-milyar.
SURGA DUNIA
            Uang mampu mebeli apa saja dan uang bisa merubah segalanya. Dengan uang yang banyak tentu kita akan menjadi orang yang terpandang dan disegani. Uangku banyak, bermilyar-milyar. Dengan uang ini aku mampu mewujudkan apapun yang aku inginkan. Pertama sekali dengan uangku aku akan mewujudkan impian kedua orangtuaku untuk naik haji. Tiga ratus juta untuk keberangkatan orangtuaku ke tanah suci. Lima ratus juta aku wakafkan utuk pembangunan masjid di dekat rumahku, masjid yang berdiri kokoh dan megah berada di samping rumahku. Rumah yang tidak begitu besar tetapi memiliki halaman yang luas dan sangat asri.                                                                                                                      Untuk kakak-kakakku, aku berikan masing-msing satu rumah mewah dan satu buah mobil mewah. Tidak lupa dengan uangku, aku mendirikan panti asuhan untuk para anak-anak yang terlantar. Sebagian uangku juga aku sumbangkan ke sekolah-sekolah yang tidak layak pakai, agar para siswa-siswinya lebih semangat belajar.                                                         Uang adalah segalanya, untuk teman-temanku Yati, Tiara dan Ria aku belikan masing-masing satu buah mobil C-RV agar mereka tidak repot-repot lagi naik angkutan umum kalau mau berpergian, serta satu rumah besar di dekat kampus untuk mereka bertiga. Kemana-mana tidak perlu cemas lagi memikirkan ongkos, setiap hari makan-makanan yang lezat dengan kualitas terjamin. Karokean dan besenang-senang setiap hari, setiap saat, kapanpun dan dimanapun. Berjalan-jalan keluar kota bahkan keluar negeri menjadi aktivas kami di saat libur kuliah. Kami akan bersantai-santai di Bali, meluncur ke Hawai, makan di Italia, tidur di Jerman, potong rambut di Inggris, dan cuci kaki di Prancis. Semua itu tentu dapat kami lakukan dengan uang bermilyar-milyar ditangan.                                                        Semua dapat aku beli dengan uangku. Para laki-laki pun pasti tunduk dan sujut di kaki ku, karena aku banyak uang. Sangat menyenangkan pastinya, hidup bergelimbangan harta, apapun yang di inginkan selalu terpenuhi. Tidak suka dengan mobil yang ini, tinggal bakar dan beli yang baru, setiap hari bergonta-ganti mobil. Membeli handphone yang harga ratusan juta pun tidak akan jadi masalah. Dengan uangku dunia pun bisa aku beli.


20. Jika aku mengalami kecelakaan kapal laut dan terdampar di pulau sunyi.
TRAGEDI
Berlayar mengarungi lautan yang luas, angin bertiup kencang mengiringi perjalanan ku. Burung-burung yang berterbangan di awang-awang mencari ikan yang sedang asik berenang di laut biru yang tenang ini. Terik mentari menjadi saksi bisu perjalanan ku mengarungi laut luas ini. Lumba-lumba yang menari-nari kepermukaan memberikan keindahan laut yang asri ini. Hati pun tenang dan pikiran seakan terbawa oleh arus air yang mendorong kapal laut berjalan.                                                                                               Hingga saat tragedi itu terjadi, ombak besar datang menerjang menerkam kapal laut yang aku naiki. Tanpa ada rasa kasihan ia memporak-porandakan seisi kapal ini. Hingga hancur berkeping-keping, puing-puing kapal lenyap seketika di makan air laut biru yang seolah tak berdosa itu. Kejam, sungguh sangat kejam. Lautan yang semula ku anggap bersahabat, tetapi malah membawaku mengalami kecelakan yang dahsyat ini.                                  Tubuhku terseret oleh ombak hingga membawaku ke pulau yang sepi tak berpenghuni. Aku terdampar seorang diri tanpa ada satupun yang aku bawa kecuali baju yang aku kenakan. Apa yang akan aku lakukan disini? Apa aku mampu bertahan hidup di pulau yang sunyi ini? Pertanyaan itu seolah menjatuhkan semangat hidupku. Tetapi, aku bangkit dari rasa ketakutan ku ini. Aku bergegas mencari kayu yang bisa aku buat rumah untuk berteduh. Aku juga mecari pohon besar yang ada di hutan, karena rumah yang akan aku buat ialah berada di atas pohon agar aku bisa terhindar dari binatang buas yang ada di pulau tak berpenghuni ini. Setelah semuanya aku dapatkan, aku mendirikan rumah kecilku yang hanya cukup untuk satu orang. Rumah pun kini sudah berdiri, perut ku terasa memanggil-manggil. Bergegas ku mencari buah-buahan yang ada di hutan untuk sekedar menenangkan kemarahan makhluk yang ada di dalam perutku.                                                                                                            Sungguh tempat ini sangat asing bagiku, tetapi apa daya aku tak mampu berkata apa-apa. Hanya aku seorang diri disini, sendiri tiada satupun yang menemani. Aku tak tau samapai kapankah aku akan tinggal disini. Entahlah, aku hanya bisa melakukan apa yang bisa aku lakukan untuk tetap bertahan hidup di pulau sunyi yang tak berpenghuni ini.


7. Ambil kepala berita di surat kabar, buat cerita yang berhubungan dengan itu.     
Berita Pagi.  Minggu, 27 Maret 2011
BUAYA LIMAU MANGSA NELAYAN
            Di sebuah perkampungan yang sunyi, yang hanya memiliki beberapa kepala keluraga saja. Hiduplah seorang laki-laki tua yang hidup sendirian di gubuk reotnya. Laki-laki yang sudah paruh baya ini sehari-harinya bekerja sebagai nelayan. Laki-laki yang biasanya di sapa pak Iman ini menghabiskan kesehariannya dengan mencari ikan di sungai limau yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Hasil ikan tangkapan pak Iman ia tukarkan dengan bahan-bahan makanan seperti beras, gula, kopi dan sebagainya.                                                                             Pak Iman memiliki kebun kecil di belakang rumahnya. Kebun itu ia tanami sayur mayur dan beberapa pohon pisang. Untuk memenuhi kebutuhan hidup ia selalu bekerja sendiri. Istri pak Iman sudah tiada, sedangkan anaknya yang sudah besar meninggalkan pak Iman sendirian. Kini pak Iman hanya hidup sebatang kara. Para tetangga pak Iman sangat bangga kepada pak Iman, karena walaupun ia hidup sendiri dan dengan kehidupan yang pas-pasan pak Iman tak pernah mengeluh. Ia termasuk orang yang suka menolong sesama dan pak Iman taat beribadah.                                                                                                    Suatu hari ketika pak Iman melakukan aktivitas menangkap ikannya di sungai limau seperti biasa, tiba-tiba ada seekor buaya yang besar menghampiri pak Iman. Pak Iman tidak menyadari kalau ada buaya yang lapar sedang mengintainya. Seketika air sungai menjadi tenang, pak Iman sudah tidak tampak lagi di bibir sungai. Air sungai yang semula jernih kini berubah jadi air darah yang menyeramkan. Pak iman tewas dimakan buaya yang lapar itu. Jala yang biasa dipakai pak Iman menangkap ikan sudah tak beraturan lagi. Warga kampung berbondong-bondong datang ke sungai, mereka ingin melihat apa yang terjadi di sungai sehingga air sungai berubah menjadi merah. Penduduk sangat menyayangkan hal yang terjadi, pak Iman sosok yang dikenal sangat baik harus pergi dengan cara seperti ini.              Pak Iman kini telah pergi untuk selama-lamanya. Tidak ada lagi sosok laki-laki tua seperti pak Iman di kampung terpencil ini. Sungai limau kini dikenal sebagi sungai perenggut nyawa. Sejak kejadian itu, tidak satupun penduduk kampung berani pergi ke sungai itu. Mereka takut akan buaya besar dan rakus yang siap setiap saat memangsa orang-orang yang ada di sungai limau.

13. Bila aku besar, aku akan menjadi antariksawan.
BUMI KU IDEKU
            Cita-cita tidak akan lepas dari harapan setiap manusia. Termasuk aku, aku adalah orang yang memiliki sejuta harapan dalam hidupku. Tetapi, satu yang pasti. Aku ingin menjadi seorang antariksawan di masa mendatang. Aku ingin menjadi seseorang yang mampu berkomunikasi dengan alam lain di laur angkasa. Aku bisa mengetahui tentang apa yang akan terjadi di bumi. Hal-hal apa yang akan menghampiri tanah ciptaan Tuhan ini. Hujan yang akan turun bisa aku ketahui lebih awal karena pengamatan yang setiap hari aku lakukan.                                                                                                                                  Penelitian-penelitian selalu menjadi aktivitas keseharianku. Meneliti galaksi dalam tata surya, mengetahui kejadian-kejadian yang akan terjadi kelak di bumi. Melihat kehidupan para makhluk-makhluk di luar angkasa. Meletakkan satelit di atas bumi ini agar aku bisa mengetahui seluruh isi penjuru bumi. Terbang ke luar angkasa dengan roket buatan ku sendiri. Meluncurlah roketku melintasi awan dan langit yang biru hingga mencapai bulan. Meneliti pori-pori bulan dan meneliti tanah yang berada di bulan. Bisa mengetahui mengapa di bulan tidak ada kehidupan. Mengambil sampel tanah dan batu-batuan yang ada di bulan untuk diteliti lebih lanjut.                                                                                                     Akulah sang antariksawan yang jenius. Aku akan lebih dahulu mengetahui tentang gejala-gejala yang akan menggemparkan kehidupan di bumi ini. Membuat komputer yang bisa di hubungkan ke satelit yang bisa memancarkan sinyal ke planet-planet lain, hingga sampai pada kehidupan para alien. Tidak hanya mengetahui isi dunia, tetapi juga bisa mengetahui kehidupan lain di luar sana. Apakah kehidupan itu lebih menyenangkan daripada di dunia, atau bahkan sebaliknya. Aku ingin mengetahui apakah benar alien itu ada atau itu cuma ilusi semata. Semua itu tentu bisa aku lakukan karena aku seorang antariksawan yang jenius. Penemuan-penemuan ku akan mengantarkanku menjadi orang yang kaya raya tentunya.                                                                                                                                 Sungguh sangat menyenangkan menjadi antariksawan yang memiliki otak pintar dan bisa menciptakan penemuan-penemuan baru. Terutama bisa mengetahui isi seluruh jagat raya. Hidupku dipenuhi dengan eksperimen-eksperimen yang menakjubkan. Menciptakan roket, membuat pesawat luar angkasa, serta meluncur keluar angkasa dengan mudah. Memiliki kemampuan yang melebihi orang-orang pada umumnya tentu bisa menjadikan kita orang yang dikenal dan selalu dibutuhkan.
27. Jika aku bertemu dengan bintang film kesayangan.
IDOLA HATI
            Setiap orang tentu memiliki idola masing-masing, termasuk aku. Aku adalah orang yang mengidolakan bintang-bintang film India. Apabila aku mempunyai kesempatan bertemu dengan bintang-bintang India tentu kesempatan itu tidak akan aku sia-siakan begitu saja. Aku akan menghabiskan waktu seharian penuh dengan mereka tanpa diluangkan sedikit pun untuk hal lain. Bertemu dengan Syahrukh Khan dan Kajol akan membawaku kecerita film Kuch Kuch Hota Hai. Salah satu film yang penuh dengan cerita-cerita romantis. Cerita yang mampu mengeluarkan air mata para penontonnya.                                                                              Film yang mengisahkan cerita cinta segitiga ini memang merupakan film yang mampu membuat para penontonnya terhanyut dalam rasa haru. Para penonton pun tidak akan mampu membendung air mata saat menyaksikan film ini. Karakter yang di perankan para tokoh-tokoh dalam film ini memang sangat maksimal, sehingga seolah-olah ini memang benar-benar terjadi. Mungkin di dalam kehidupan nyata, alur cerita yang di sampaikan dalam film ini benar adanya. Tetapi, entahlah.                                                                         Masih banyak film-film yang lainnya dalam dunia perfilman di India. Bintang-bintang India memang cantik-cantik dan tampan-tampan. Sehingga mampu menghipnotis mata para penggemarnya. Bertemu dengan bintang idola pasti ditunggu-tunggu setiap orang. Hari ini aku memiliki kesempatan itu. Aku akan jalan-jalan dan bersenang-senang dengan mereka. Makan bersama dan bercanda bersama. Tentu hal itu sangat menyenangkan, hati ku berdebar-debar dan terasa terbang ke awang-awang.           Akan ku cium Kajol serta ku peluk dan tidak akan aku lepaskan. Ku cubit pipi Syahrukh Khan dan ku peluk erat-erat. Begitupun dengan bintang-bintang India lainnya. Hari ini adalah hari yang sangat menyenangkan bagi ku. Tidak akan aku lupakan seumur hidupku.





31. Jika aku pergi ke pesta teman baik.
KEPUASAN SAAT MAKAN
            Pesta merupakaan hal yang sangat menyenangkan. Pesta adalah keceriaan saat bersama teman. Pada saat ini teman terbaikku mengadakan pesta untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-19, tentunya aku datang untuk memberikan kado dan ucapan selamat kepadanya. Hari ini merupakan hari yang sangat berharga bagi temanku. Di hari ini usianya bertambah satu tahun lagi, ini merupakan jalan menuju kedewasaan.                                   Malam kian larut, acara yang meriah pun turut dalam kelamnya malam. Pesta telah dimulai, satu persatu tamu pun berdatangan. Suasana semakin meriah dan ruangan pun telah penuh oleh orang-orang yang hadir di acara itu. Makanan dan minuman pun tersedia begitu banyak. Tak kuasa aku menahan godaan yang selalu memanggil-manggil. Mataku tersorot ke tumpukan makanan yang bermacam-macam itu. Minuman yang penuh warna akan menghapuskan dahaga yang sejak tadi menjerat tenggorokanku. Ku ayunkan kaki perlahan-lahan hingga sampai pada meja panjang dan penuh dengan kelezatan yang akan memanjakan lidahku. Satu persatu makanan masuk kedalam mulutku, tanpa rasa ragu dan malu aku menyantap makanan-makanan itu. Alhasil, makanan itu tersandat di tenggorokanku. Tak kuasa aku menahnnya, berlari ku menghampiri meja yang berada tak jauh dari tempatku berdiri, kemudian ku ambil gelas minum. ”Ahhh.... legah” ucapku dalam hati. Aku pun tertawa sendiri mengingat kejadian yang baru saja aku alami. Kejadian konyol yang sangat memalukan. Terlihat sekali kerakusan ku pada pesta malam ini. Wajahku memerah, aku takut apabila ada orang yang memperhatikan tingkah lakuku malam ini.                                          Aku melanjutkan pesta malam ini. Aku menari dan bernyanyi bersama teman-teman yang lain. Kejadian yang sangat memalukan tadi sejenak aku lupakan. Sungguh pesta yang sanagt meriah. Malam akan terus berjalan, hingga tak terasa pesta pun akan segera berakhir. Semua tamu-tamu satu persatu meninggalkan ruangan dan bergegas pulang. Semua tamu sudah tak ada lagi, yang tertinggal hanyalah lampu-lampu yang masih menyala dan piring-piring yang kotor.                                                                                                                        Sungguh malam yang tidak akan aku lupakan. Kejadian konyol yang memalukan akan terus melekat di pikiranku. Beranggapan bahwa aku bisa bebas melakukan apa saja yang aku suka pada pesta ulang tahun teman baikku. Tetapi, malah membawaku mendapatkan pelajaran yang berharga.

32. Menjadi seorang guru dalam sehari.
TERANG DALAM GELAP
            Guru adalah pelita kegelapan. Guru kunci sukses kecerdasan para peserta didik. Pengorbanan dan perjuangan sesosok gurulah yang akan memberikan cahaya dalam kegelapan. Guru berperan penting bagi kemajuan sebuah negara. Memiliki kecerdasan dan jauh dari kebodohan tentu impian setiap orang. Disinilah peran seorang guru sangat dibutuhkan.                                                                                                                             Aku diberikan kesempatan menjadi seorang guru dalam waktu sehari saja. Maka aku akan memberikan pembelajaran begi peserta didikku. Tidak hanya teori saja, praktik di lapangan pun aku terapkan. Cara belajar tidak akan aku buat membosankan, tetapi malah sebaliknya proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Murid tentu akan merasa jenuh apabila setiap hari mereka di bombardir dengan materi-materi pelajaran setiap hari. Maka dari itu, kesempatan menjadi guru sehari ini tidak akan aku sia-siakan.                                        Belajar dengan diselingi permainan-permainan yang masih bersangkutan dengan materi pelajaran pasti tidak akan membuat para peserta didik bosan. Aku akan mengajak murid-muridku belajar di luar kelas, dengan demikian mereka akan merasakan suasana baru. Belajar di taman sekolah tentu menjadi alternatif yang jitu untuk mengatasi rasa bosan yang melanda para siswa.                                                                                                                Setelah pelajaran aku berikan, bermain pun menjadi kegiatan selanjutnya. Bermain sambil belajar tentunya. Permainan yang terdiri dari beberapa kelompok. Permainan yang akan aku berikan ialah bermain bisik-bisikkan. Setiap kelompok diberi satu kalimat, kalimat tersebut disamapikan kepada anggota kelompok yang lain dengan cara dibisikkan ketelinganya. Disni diuji kekompakan dan kerja sama setiap kelompok. Bagaimana menjadi pemenang dengan cara mengandalkan kekompakan anatarkelompok. Dengan demikian, para siswa akan lebih menyadari arti kerjasama dan saling membantu.                                                            Aku tidak akan memarahi siswa ku apabila mereka berbuat salah atau menyinggung perasaanku. Tetapi, aku akan menasihati mereka serta memberikan arahan-arahan yang benar. Kesabaran ku pun pasti akan diuji di sini. Itulah kelebihan seorang guru, sabar dan telitih dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa-siswinya. Guru adalah terang dalam gelap.

38. Menemukan penemuan baru.
MESIN SERBAGUNA
            Eksperimen-eksperimen yang aku lakukan akhirnya menghasilkan sebuah penemuan baru, yakni sebuah mesin yang dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan. Seperti, mencuci piring, membuat makanan-makanan yang lezat, membersihkan rumah, atau bahkan mampu memijat dan melenturkan otot-otot yang kencang.                                                                      Mesin ini tentu sanagat membantu orang-orang yang penuh dengan aktivitas di luar rumah, sehingga mereka tidak dapat mengerjakan pekerjaan rumah. Untuk sarapan pagi mereka bisa mengandalkan mesin ini. Piring-piring atau pakaian yang kotor tidak akan jadi masalah, karena mesin ini mampu membersihkan semua itu dengan cepat dan hasilnya pun bersih mengkilap. Rumah yang kotor dengan debu-debu tebal sehingga membuat rumah menjadi tidak sehat, akan bersih berkilauan. Dengan mesin serbaguna ini semua bisa dilakukan. Tidak perlu repot-repot membersihkan semuanya, karena mesin ini akan mengerjakan semuanya. Tenaga yang tersedia hanya digunakan untuk bekerja diluar rumah saja, sedangkan pekerjaan yang ada di rumah akan diatasi oleh mesin ini.                                             Dengan penemuan ini tentu akan banyak orang yang menginginkan mesin seperti ini. Aku tidak akan memberikan mesin ini cuma-cuma. Aku akan menjual mesin ini dengan harga yang tinggi. Orang-orang yang ingin memiliki mesin ini harus mengeluarkan uang mencapai tiga milyar. Dengan demikian, uang pun akan mengalir deras dikantongku. Harga yang ditawarkan tentu sebanding dengan manfaat yang dihasilkan dari mesin ini. Bagi orang-orang yang pekerja keras, mengeluarkan uang hingga tiga milyar ini tentu bukan masalah, karena mesin ini sanagt membantu pekerjaan mereka.                                                                                    Penemuan ini memerlukan waktu yang sangat lama. Dalam kurun waktu kira-kira lima tahun dan setiap hari memeras otak akhirnya mampu menghasilkan penemuan yang sangat menakjubkan. Penemuan yang pasti akan menggemparkan dunia. Aku akan menjadi penemu yang kaya raya di dunia. Penemu yang dikenal di seluruh dunia. Bermandikan uang tentu akan sangat menyenagkan. Otakku memang jenius sekali, dengan penemuan ini mampu mengangkatku terbang tinggi. Aku adalah penemu terhebat sepanjang zaman.


19. Jika aku hidup di Inggris.
HIJRAH KE LONDON
            Inggris adalah salah satu negara terbesar dan maju di benua Eropa. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai di seluruh penjuru dunia. Inggris memilki beberapa musim, diantaranya musim salju dan musim semi. Hidup di Inggris tentu berbeda dengan hidup di Indonesia. Orang-orang di Inggris memiliki aktivitas dan tata cara yang pastinya berbeda dengan orang-orang di negara bagian timur. Budaya-budaya Inggris sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia. Orang-orang timur terutama Indonesia sangat mengutamakan norma dan sopan santun. Mulai dari jenis pakaian yang biasa dikenakan maupun cara-cara bersosialisasi sesama manusia. Makanan yang dikonsumsi pun tidak seperti di Indonesia.                                                                                                                Kini aku tinggal di Inggris, negara besar yang menonjol di dunia. Pada saat ini di Inggris sedang musim salju. Aku tentu tidak akan melewatkan hal ini. Memakai pakaian yang lengkap agar tidak terasa dingin. Di rumah aku menyalakan api unggun agar tubuhku terasa hangat. Minum secangkir kopi susu hangat ditemani cemilan-cemilan ringan sambil menonton televisi pasti bisa membantu menghangatkan tubuh. Satu hari pun telah terlewatkan di musim dingin ini. Hari berikutnya aku keluar rumah. Didepan rumahku sudah penuh dengan orang-orang yang bermain sky dan anak-anak yang membuat boneka dari salju, atau bahkan ada yang bermain-main dengan bola salju. Aku tentu tidak mau ketinggalan, bergegas aku mengambil perlengkapan untuk meluncur di salju yang putih bersih ini.                                                                                                                               Keesokan harinya, aku berkeliling kota dengan menggunakan mobil mewah yang atap pelindungnya aku buka agar aku bisa melihat keindahan negara yang beribukota London ini. Mengelilingi gedung-gedung tinggi yang mencakar ke langit serta menghirup udara pegunungan Hilamaya yang dingin ini. Mampir ke kedai kopi untuk sekedar menghangatkan tubuh. Kembali ku melanjutkan perjalanan ku mengelilingi kota, menikmati suasana kota yang dingin ini.                                                                                                                    Sungguh hari ini sangat menyenangkan. Tinggal di kota yang menawarkan beranekaragam keindahan dan hiburan-hiburan yang bisa dinikmati setiap saat. Aku bagaikan orang asing yang tak memiliki sanak saudara. Walaupun aku tinggal di luar negeri yang katanya negara maju sekalipun. Tetapi, aku lebih suka tinggal di Indonesia, karena tidak ada yang bisa mengalahkan enaknya makanan yang ada di Indonesia.
18. Yang terjadi jika tidak ada makanan untuk dimakan.
PERANG ANTAR SUKU
            Makanan adalah energi yang bisa membantu kita untuk tetap hidup. Oleh karena itu, setiap makhluk hidup memerlukan makanan untuk tetap bertahan hidup. Apabila tidak maka ia akan mati. Makanan harus dicari, harus dipeoleh dengan usaha. Tidak ada usaha maka tidak akan ada yang dapat dimakan. Seperti harimau binatang pemakan daging yang sedang lapar, maka ia perlu usaha untuk mencari makanannya sendiri. Ia perlu usaha yang keras untuk memperoleh daging dari binatang-binatang lain. Begitupun dengan manusia, manusia memerlukan usaha untuk mendapatkan sepiring nasi. Tanpa usaha maka makanan tidaak akan datang dengan sendirinya. Setiap usaha akan menghasilakan hasil yang baik pula.                               Hari ini dirumahku tidak ada makanan untuk dimakan, sedangkan perutku sudah sangat lapar. Badanku lesu karena tidak ada energi. Makanan yang membantuku menghsilkan energi tidak aku jumpai di dapurku. Perutku sudah memanggil-manggil, seakan-akan sedang terjadi peperangan yang dahsyat di perutku. Peperangan anatarsuku pun tidak terhindarkan. Perutku menghasilkan bunyi, seperti bunyi genjatan senjata antara blok barat dan blok timur. Suara perutku persis seperti suara meriam yang diluncurkan dalam peperangan itu. Sungguh ironis nasibku hari ini.                                                                                                              Rasa lapar yang mendera tak kuasa aku menahanya. Tubuhku gemetaran, kakiku sudah tak mampu lagi menompang tubuhku. Aku tak mampu lagi beranjak dari tempat tidurku. Badanku terasa lemas tak bertenaga. Aku seperti pekerja paksa yang terus bekerja tetapi tidak diberi makan oleh majikanku. Aku lemah tak berdaya, aku tergeletak seakan nyawaku mau lepas dari ragaku. Aku pasrah dengan semua ini, aku tak mampu melakukan apa-apa lagi. Jangankan utuk berjalan, menggerakkan tubuhku saja aku sudah tah sanggup lagi.                                                                                                                                                           Oh Tuhan.............berikanlah pertolongan-Mu. Berikanlkah aku kekuatan untuk melawan musuh dalam perutku ini. Beri aku kekuatan untuk tetap bangkit agar aku bisa bangun dari tempat ini. Aku sudah tak tahan lagi menahan semua ini. Aku lemah tak berdaya, akankah ada keajaiban datang untukku. Jatuhkanlah makanan dari atas langit sana, agar aku bisa makan. Dengan demikian, tenagaku akan kembali pulih dan peperangan yang terjadi dalam perutku akan segera berakhir.

25. Waktu ketika jerapah memiliki leher pendek, onta tanpa punuk, gajah berhidung pendek, dan ikan tanpa sirip.
MUSTAHIL
            Makhluk yang diciptakan Tuhan memang berbeda-beda dan banyak sekali macamnya. Makhluk hidup terbagi tiga bagian, yakni manusia yang memiliki derajat yang paling tinggi dari makhluk lainnya, hewan yang memiliki bentuk yang beragam, serta tumbuhan yang tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan sendirinya. Tuhan menciptakan makhluk-Nya dengan memiliki kelebihan masing-masing. Habitat hewan pun memiliki keunikan masing-masing, seperti jerapah yang memiliki leher panjang, tujuannya ini untuk memudahkannya dalam mencari makanan. Jerapah merupakan hewan pemakan dedaunan hijau. Dedaunan yang terletak di poho yang tinggi tentu akan dicapai jerapah dengan mudah. Akan tetapi, apabila jerapah memilki leher yang pendek tentu ini akan mempersulitnya menemukan makanan.                                                                                                          Onta adalah hewan yang habitatnya di Mesir. Onta merupakan hewan yang dimanfaatkan oleh orang-orang mesir atau para musafir yang melakukan perjalanan jauh untuk mengangkut barang-barang mereka. Onta memiliki punuk di pundaknya. Punuk ini berfungsi untuk menampung bahan makanan. Apabila onta tidak memiliki punuk tentu ia tidak mampu bertahan hidup, karena tidak adanya persediaan makanan.                              Gajah merupakan hewan yang besar dan memiliki kaki empat. Gajah juga memiliki hidung yang panjang atau sering disebut belalai yang berfungsi untuk membantunya mengambil makanan dan minuman atau bahkan digunakan untuk menyiramkan air ketubuhnya pada saat ia berendam di air. Belalai gajah ini sangat penting untuk membantu gajah mempertahankan hidup. Tetapi, apabila belalai gajah ini pendek maka gajah tidak dapat mengambil makanan dan gajah tidak mampu melakukan apapun. Gajah memang memiliki kaki empat, tatapi kakinya ini hanya berfungsi untuk menompang tubuhnya dan membantunya berjalan.                                                                                                            Terakhir ikan, ikan adalah hewan yang hidup di air. Ikan  memiliki sirip untuk berenang. Apabila ikan tidak memiliki sirip tentu ia tidak akan bisa berenang. Ikan berenang tujuannya untuk mencari makan atau melindungi dirinya dari serangan yang mengancam keselamatannya. Apabila ikan tidak memilki sirip pasti ikan tidak bisa melakukan semua itu.

34. Sebuah cerita dengan tema roti yang menakutkan.
ZAHRA
            Roti merupakan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Roti yang terbuat dari gandum dapat membantu dalam proses prtumbuhan. Roti juga termasuk dalam makanan empat sehat lim sempurna. Roti banyak sekali ragamnya, mulai dari roti tawar atau bahkan roti-roti yang memiliki beranekaragam rasa. Kini kita mulai memasuki dunia imajinasai. Dunia dimana roti-roti dapat bergerak dan berbicara layaknya manusia di dunia. Kehidupan roti di dunia roti ini sama seperti dunia manusia. Mereka melakukan aktivitas hampir mirip dengan apa yang dilakukan manusia. Roti-roti ini sekolah, belajar, bermain, bercanda, dan bekerja seperti manusia. Di dunia roti ini juga terjadi pergantian antara siang dan malam. Saat siang mereka beraktivitas, dan ketika malam menjelang mereka beristirahat di rumah mereka masing-masing.                                                                                                                        Zahra salah satu putri roti yang terpandang dikalangan masyarakat roti ini. Setiap hati Ra menghabiskan waktunya sekolah, bermain dan bercanda bersama teman-temannya. Zahra merupakan anak yang selalu ceria. Semua orang menyayangi Zahra. Terlebih kedua orang tua Zahra. Mereka sangat menjaga Zahra dengan penuh kasih sayang. Orangtua Zahra selalu berkata pada Zahra agar Zahra tidak memasuki atau bahkan bergaul dengan manusia. Mereka beranggapan bahwa manusia adalah makhluk yang menakutkan, apabila manusia sampai tahu akan dunia roti ini, maka manusia pasti akan menghancurkan dunia kecil ini.                           Kepolosan dan ketidakpatuhan Zahra kepada nasihat-nasihat orangtuanya kini membawa malapetaka bagi dirinya dan semua masyarakat yang ada di dunia roti. Zahra berteman dengan manusia, dan ternyata perkataan orangtua Zahra memang benar. Manuisa-manusia memang ingin menghancurkan masyarakat dunia roti. Peperangan pun tak terelakkan. Manusia yang serakah ini memporak-porandakan dunia roti ini hingga hancur lebur seisinya. Para roti marah dan murkah, mereka kompak untuk membalas semua ini. Mereka bersatu hingga membentuk roti yang besar dan menakutkan. Roti raksasa ini juga menyerang, menerkam, serta menghancurkan para manusia-manusia yang telah mengusik kehidupan mereka. Roti besar yang menakutkan mebuat para manusia berlari ketakutan. Sampai pada akhirnya mereka kalah dan berjanji tidak akan mengganggu kehidupan para roti lagi.

33. Berpergian dengan mesin waktu.
ZAMAN PURBA KALA
            Mesin waktu bisa mengantarku memasuki alam lain. Alam masa depan maupun masa lalu yang sudah lewat beratus-ratus tahun bahkan ribuan tahun yang lalu. Kini mesi waktu ini akan mengantarku menuju zaman purba kala atau zaman dahulu kala. Zaman dimana hidup sekelompok manusia-manusia purba.                                                                                   Manusia purba dalah manusia yang memiliki tubuh yang besar-besar dan kuat. Para menusia purba juga memiliki banyak bulu di seluruh tubuhnya. Pada zaman ini manusia-manusia purba hanya memiliki pikiran bagaimana caranya untuk tetap bertahan hidup dan melindungi diri dari para binatang-binatang buas yang setiap saat mengintai. Manusia pura tidak mengenal tulisan oleh keran itu merka sering sekali mengukir gambar-gambar didinding gua tempat mereka tinggal. Keseharian manusia purba ini ialah berburu binatang-binatang di hutan untuk dijadikan makanan. Apapun yang ada dihutan akan menjadi santapan yang lezat untuk para manusia purba.                                                                                                         Hari ini aku bisa berjumpa dengan manusia purba. Aku akan menyelami kehidupan para manusia purba. Dengan mesin waktu yang mampu mengantarkan aku ke dunia seribu tahun yang lalu. Dunia yang kejam dan dunia yang tidak memiliki perasaan. Aku menjadi manusia purba yang memiliki tubuh paling kecil pastinya dari manusia purba yang lainnya. Si kecil yang berusaha menjadi kejam pasti prinsip ku saat ini. Walaupun tubuhku kecil tidak seperti yang lain, tetapi aku tetap memiliki  kekuatan dan kelebihan yang lain yakni otak. Walaupun disini otak bukanlah yang utama dibutuhkan, tetapi ototlah yang paling penting. Ikut serta mencari makanan di hutan, berburu hewan-hewan liar, serta menelusuri hutan yang lebat merupakan hal yang tidak pernah aku lakukan di dunia ku sekarang ini. Sungguh hak-hal ini sangat asing bagiku. Tetapi, ini akan jadi pengalaman bagiku. Aku takut dan aku merasa tidak mampu untuk berlama-lama disini. Keadaan disini kejam, perenggut nyawapun berkeliaran disekitarku. Aku tidak sanggup lagi. Aku bergegas kembali ke mesin waktu. Aku pun pergi meninggalkan zaman ini dan kembali ke zaman ku semula. Zaman yang tentunya jauh lebih baik untukku daripada zaman yang baru saja aku datangi. Sungguh pengalaman yang berharga dan tidak mungkin terlupakan.


43. Cerita tentang sebuah negara lain.
PERANCIS TEMPAT TIDURKU
            Perancis negara yang memiliki manara tinggi yang terkenal di dunia ini memang memiliki sejuta keidahan. Setiap orang yang datang kesini pasti akan ketagihan utuk kembali lagi ke negara ini. Negara yang juga dikenal dengan kisah-kisah romantis ini memang eksotis dan indah. Di kota Paris aku kini tinggal. Paris yang merupakan ibukota negara maju ini akan menggoda hati para pendatang yang berliburan disini.                                                                        Pada saat ini di Paris sedang musim salju. Aku tentu tidak akan melewatkan hal ini. Memakai pakaian yang lengkap agar tidak terasa dingin. Di rumah aku menyalakan api unggun agar tubuhku terasa hangat. Minum secangkir kopi susu hangat ditemani cemilan-cemilan ringan sambil menonton televisi pasti bisa membantu menghangatkan tubuh. Satu hari pun telah terlewatkan di musim dingin ini. Hari berikutnya aku keluar rumah. Didepan rumahku sudah penuh dengan orang-orang yang bermain sky dan anak-anak yang membuat boneka dari salju, atau bahkan ada yang bermain-main dengan bola salju. Aku tentu tidak mau ketinggalan, bergegas aku mengambil perlengkapan untuk meluncur di salju yang putih bersih ini.                                                                                                                               Keesokan harinya, aku berkeliling kota dengan menggunakan mobil mewah yang atap pelindungnya aku buka agar aku bisa melihat keindahan negara romantis ini. Mengelilingi gedung-gedung tinggi yang mencakar ke langit serta menghirup udara kota yang dingin ini. Mampir ke kedai kopi untuk sekedar menghangatkan tubuh. Kembali ku melanjutkan perjalanan ku mengelilingi kota, menikmati suasana kota yang dingin ini.        Sungguh hari ini sangat menyenangkan. Tinggal di kota yang menawarkan beranekaragam keindahan dan hiburan-hiburan yang bisa dinikmati setiap saat. Aku bagaikan orang asing yang tak memiliki sanak saudara. Walaupun aku tinggal di luar negeri yang katanya negara maju sekalipun. Tetapi, aku lebih suka tinggal di Indonesia, karena tidak ada yang bisa mengalahkan enaknya makanan yang ada di Indonesia. Makanan yang ada di Paris memang tidak seperti makanan yang ada di Indonesia. Di Paris tidak tersedia sambal terasi dan ikan asin, sedangkan di Indonesia sangat mudah di jumpai. Keindahan yang ditawarkan tidak mampu membuat ku melupakan Indonesia. Walaupun keadaan di Indonesia tidak seperti di Paris, tetapim hatiku sudah tertanam di Indonesia.

29. Seseorang yang berbeda dengan yang aku pikirkan sebelumnya.
TERNYATA SALAH MENGENALMU
            Sangat terlambat tiba di sini. Air mataku terbit. Langit terasa tak bersahabat. Orang yang kuharap masih menunggu kedatanganku, telah pergi. Yang ku lihat hanya lahan kosong. Seekor-dua kambing mengembik, memamah daun pisang yang pelepahnya rapuh dan terjulur dibatang. Aku mengedarkan pandanganku ke jagat persawahan di depan ku. Semua tampak menguning. Bulir-bulir padi pun tampak sedang bunting. Aku hanya terlamabat beberapa menit saja. Tetapi, dia tak sabar menanti kedatanganku, hingga ia pergi meninggalkan tempat ini. Dia adalah kekasih hatiku. Kami telah berjanji untuk jumpa di sini. Aku iningi hamparan padi yang luas ini dan semua yang ada di sini menjadi saksi bisu perjalan cinta kami yang tak sebentar ini. Aku duduk di pondok kecil yang berada di tengah sawa, menjuntai-juntai kaki di sebuah tungggul kayu.                                                                                                       Satu jam telah berlalu, aku tetap menunggu di sini. Berharap dia datang kembali menemuiku. Tetapi, harapan itu musnah. Aku melihat ia sedang asyik bercumbu dengan wanita lain di atas sepeda motor yang biasa ia gunakan untuk megantar dan menjemputku. Hatiku sakit, kepalaku panas seolah-olah akan pecah. Aku seperti air laut yang akan meluap. Aku tak mampu berkata-kata. Aku terjatuh dari tempat duduk ku. Butir-butir air mata perlahan jatuh membasahi pipiku. Bagaikan api yang memakan jerami. Hati ku hancur berkeping-keping. Laki-laki yang semula aku anggap sebagai pelabuhan cinta terakhirku ternyata hanyalah sampah yang tak berguna. Dia telah menghancurkan cinta suci kami. Dia berikan cinta noda hitam dalam perjalan panjang ini. Rasa cinta yang ku beri dia balas dengan kenistaan. Nasi yang ku makan kini terasa sekam. Air yang ku minum terasa duri. Sungguh laki-laki yang kejam.                                                                                                               Sejak saat itu aku tidak ingin lagi berjumpa dengannya. Rasa sayang ku kini telah berubah menjadi rasa benci yang begitu dalam. Kejadian ini membuatku takut untuk bercinta lagi. Aku tak ingin terrulang lagi. Peristiwa pahit ini akan selalu bersemayam di dalam hatiku. Cukup sekali aku merasakan kegagalan cinta. Tak akan terulang kedua kalinya di dalam hidupku. Sakit hati yang kini ku rasakan telah membutakan mata hatiku. Akan ku tutup rapat-rapat pintu hati ini dan tidak akan ada yang bisa membukanya kembali.


36. Tempat favorit
PANTAI BIRU
            Berlibur ke pantai tentu suatu hal yang sangat menyenangkan. Di pantai aku bisa mengekspresikan diri. Bermain di ombak yang kerap kali menerjang. Berjemur dibawah trik matahari yang condong di atas kepala, serta mengubur diri di dalam pasir pantai yang besih. Gembira ria bersama teman-teman dengan menghabiskan waktu liburan ke pantai memang sangat langkah bagi kami yang selalu di sibukkan dengan berbagai aktivitas. Tapi hari ini semua itu dapat terbayarkan.                                                                                                              Di pantai ini juga terdapat pulau yang indah. Pulau ini begitu menwan. Aku dan teman-temanku bermain bersama kupu-kupu dan berlari-lari di taman bunga yang indah. Aliran sungai yang mengalir membelah pulau ini menjadi dua menambah keindahan yang ada. Air sungai yang biru dengan ikan-ikan hias yang warna-warni menjadikan sungai kecil ini seperti hidup. Gemercik suara air sungai akan membawa setiap orang menikmati susana yang elok disini. Tersandar ku di ayunan bambu yang terdapat di pulau kebahagiaan ini, terbawa susana yang nyaman dan tentram. Hati gelisah dan gundah gulana yang melanda akan hilang seketika ketika berada disini. Bagaikan hidup di taman surga yang indah, memiliki sejuta keindahan yang tak bisa di uraikan dengan kata-kata, hanya bisa dirasakan dengan perasaan.                                                                                                            Menghabiskan waktu sehari mungkin tidak cukup saat berada disini. Pasir pantai yang putih dan bersih, deru ombak dari laut yang biru dan sejuk, serta gemercik suara aliran sungai yeng terdapat di pulau kecil ini, selalu membuat kita tak ingin jauh-jauh dan meninggalkan pulau ini. Aku dan teman-teman ingin selalu berada disini. Buah-buah segar tumbuh dengan subur dan ranumnya pepohonan hijau akan membuat ketenangan jiwa bila berada disini. Kami tak menginginkan apa-apa lagi, aku hanya ingin hidup selamanya di pulau ini. Kebahagiaan ku sudah tertanam dalam-dalam di pulau ini dan tidak akan mungkin dapat ditemukan dimanapun juga.                                                                                                   Rasa capek dan lelah kini sudah tidak kami rasakan lagi, yang ada hanyalah ketenagan. Dengan berat hati kami pun akan segera pergi meninggalkan pantai biru yang menawarkan sejuta keindahan ini. Semoga ada kesempatan lagi bagi kami untuk datang kesini. Ketempat tertanamnya ketnangan hati dan tempat yang bisa mencuci mata kami dari penglihatan-penglihatan kota metropolitan yang ramai dan berisik itu. Kami harus melajutkan aktivitas kembali sebagai mahasiswa yang sangat sibuk.
39. Tulisan berbeda dari akhir sebuah cerita.
CINDERELLA
            Cinderella adalah gadis canti yang ditinggal pergi oleh ibunya. Sedangkan ayah Cinderella kini menikah lagi dengan wanita lain yang memiliki dua orang anak perempuan. Ayah Cinderella selalu keluar kota untuk bekerja. Cinderella ditinggalkan dengan ibu dan kedua saudara tirinya. Ibu dan saudara tiri Cinderella ternyata orang yang jahat. Setiap hari Cinderella harus mengerjakan pekerjaan rumah sendirian. Cinderella selalu disiksa oleh ibu dan saudara-saudara tirinya. Cinderella memiliki hati yang sangat baik, sehingga semua hewan-hewan yang ada di sekitar rumah Cinderella bisa berteman dengan Cinderella. Setiap hari Cinderella bermain dan bercanda dengan para sahabatnya.                                                     Suatu hari, ada utusan dari kerajaan memberitahukan bahwa sang pangeran akan mengadakan pesta ulang tahun. Untu itu, sang pangeran mengundang semua gadis-gadis yang ada di seluruh penjuru negeri. Mendengar hal itu Cinderella sangat ingin datang. Tetapi, ibu dan kedua saudara tirinya tidak memperbolehkan Cinderella untuk pergi ke pesta itu. Cinderella boleh pergi apabila ia bisa membersihkan biji-biji yang ditumpahkan ibu tirinya ke tumpukan abu dari pebakaran. Pastinya dalam waktu singkat ini semua tidak akan selesai. Tetapi, ibu peri datang. Ibu peri menyuruh burung-burung untuk membantu Cinderella. Tak berpa lama emua biji-biji itu sudah terkumpul tanpa meninggalkan satu biji pun. Kemudian ibu peri menyulap para tikus menjadi kuda dan labu menjadi keretanya. Tak ketinggalan gaun indah dan sepatu kacapun dikenakan. Cinderella bergegas pergi ke pesta.                                              Sesampainya di pesta, istanah sudah dipenuhi dengan gadis-gadis cantik. Tetapi, saat Cinderella masuk ke istanah, semua mata tertuju kepadanya. Semua heran melihat Cinderella. Cinderella merasa tersanjung dan merasa kalau orang-orang memperhatikannya karena kagum melihat penampilannya malam ini. Akan tetapi, semua tidak seperti yang ia pikirkan. Ternyata, ibu peri lupa merapikan rambut Cinderella. Rambut Cinderella acak-acakan tidak teratur, ada bulu dan kotoran ayam di atas kepala Cinderella. Menyadari hal itu, Cinderella pun bergegas meninggalkan tempat itu. Tetapi, ditangga Cinderella terpeleset hingga ia jatuh dari tangga dan kepalanya tepat sekali mengenai kotoran sapi. Semua orang tertawa melihat kejadian itu, termasuk sang pangeran. Sungguh kejadian konyol yang memalukan.


3. Karangan narasi tentang kejadian yang dialami mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

KELUHAN HARIKU

Keletihan telah merajalela ditubuhku, seakan menyuruku untuk pergi ketempat dimana aku bisa menghempaskan semua rasa ini. Di kasur yang empuk tempat ku biasa meluapkan yang ada dipikiranku, badan ku terasa berbicara “ Ayo cepat hampiri tempat itu”.  Dan aku pun terlelap diatas sebuah penompang tempat ku bersandar.
Suara merdu yang saling bersaut-sautan memanggilku untuk menghadap-Nya dan menyuruhku membuka mata, tapi bergitu sulit, aku begitu sulit membuka kelopakku yang indah ini. Seruan suara merdu itu pun kian membuat ku harus tetap melawan musuhku yang selalu ingin membuatku melanjutkan keindahan alam bawah sadarku. Tapi, malaikatku terus membantuku, akhirnya aku menang. Aku terjaga dari tidurku dan aku pun bergegas beranjak dari tempat ku beristirahat untuk menjalankan perintah-Nya.
Termenung aku duduk di sebuah kursi yang cukup keras, dan tatapan kosong dan penuh harapan, mengukir kata “Hari ini harus lebih baik dari kemarin” di sebuah dimensi putih di pikiranku.
Kumulai aktivitasku sebelum terbitnya fajar dengan mengerjakan pekerjaan rumah. Tak terasa ku rasakan nikmat nur dari sang surya yang seolah memberiku semangat untuk mengawali hariku dan kewajibanku sebagai generasi penerus bangsa.
Aku meninggalkan gubukku, berjalan ke sebuah arah yang menuntunku menuju sebuah kotak panjang dengan roda yang mengiringinya berjalan. Kotak itu memiliki perpaduan warna yang berbeda-beda. Dengan rasa penuh semangat aku melangkahkan kaki ku. Berdiri aku di sudut tempat ku masuk, kulihat semua tempat sudah dipenuhi orang-orang yang memulai aktivitas sehari-harinya. Sorang kondektur bis dengan pakaian coklat dan dihiasi topi yang berwarna coklat tua, ia berteriak melantunkan nada “plaju..plaju..plaju..” untuk memanggil para insan yang menunggu ditepi jalan dengan keramaian yang mencengkam dipagi yamg mendung ini.
Saat makhluk hawa bertubuh besar, berwajah seram memberhentikan bis yang kami naiki, ia menginjak kaki kecilku yang tak berdosa ini, “awwww” suara sendu yang terlontar dari bibir mungilku. Hanya senyuman yang ia berikan padaku, dan senyum manisku pun ku berikan padanya.
“Akhirnya….” Hatiku mengumbar perasaan legah. Ku lihat ada kursi yang kosong, tanpa ragu aku mengepakkan tangan menggapai kursi itu. Aku duduk di pojok belakang, walaupun jarak kampusku sudah dekat, tetapi lumayan untuk melenturkan otot-otot kakiku yang sejak tadi berdiri.
Tak lama kemudian dipertengahan jalan, jalan macet dipadatkan oleh kendaraan dan orang-orang yang berlalu-lalang, membentuk kumpulan yang tak lazim terjadi. Hati keciku bertanya-tanya “Ada apa ini? Tidak seperti biasanya macet seperti ini, macet yang  begitu panjang”.
            Aku terkejut tak percaya dengan apa yang aku lihat. Ada sesosok mayat yang tergeletak ditengah jalan. Dengan tubuh yang sudah tak utuh lagi dan kepala yang sudah terpecah-belah. “inalillahiwainailahiroji’un” mulutku pun mengurai kata. Polisi  dan masyarakat sekitar berbondong-bondong mendekat menghampiri tubuh kakuh yang sudah tak bernyawa lagi itu. Ternyata itu adalah korban tabrak mobil yang ingin menyebrang jalan tetapi takdir berkata lain, dia tewas di tempat.
            Setibanya di kampus, pikiran ku masih tertuju pada peristiwa yang baru saja ku alami. “Kasihan sekali orang itu! Bagaimana perasaan kelurganya?” tak henti-hentinya pertanyaan itu terucap dari lidahku. Tapi, aku terus mengalihkan pikiran ku ke hal lain, agar aku tidak mengingat kejadian itu.
            Ku ayunkan kaki kecilku yang selalu siap menapaki panggung sandiwara ini. Langkah demi langkah terus tercipta dari kaki kecilku yang indah ini menuju suatu ruangan, ruang dimana tempat aku belajar menguntai kata mengurai nada, dan mempelajari ilmu dunia yang mungkin akan membaawaku hidup lebih baik di masa yang akan datang.
            Seringkali aku ragu akan kemampuanku sendiri dan seringkali aku mengeluh karena tugas-tugas yang terus datang silih-berganti membombardir diriku. Namun, karena dorongan semangat dan do’a dari makluk yang tercipta dari rusuk seorang Adam yaitu bidadari hatiku. Ibu yang selalu mengiringi disetiap jengkal langkah kakiku,dan membuat nurani ku berkata “Jika nanti aku tak mampu menjadi jalan besar, maka aku ingin menjadi jalan kecil. Jalan setapak  yang akan membawa orang-orang disekitarku menuju jalan yang besar”.
             Denting jam pun berbunyi menunjukkan pukul 12.30 WIB tanda aktivitas perkuliahan berakhir. Serentak langkah kakiku menuju keluar ruangan, dan dengan mengelah nafas panjang perlahan aku menuruni tangga yang cukup tinggi. Satu persatu anak tangga itu aku lewati, dan sampai pada anak tangga terakhir. Ku atur kembali nafasku yang terenggah-enggah setelah menuruni tangga dengan ketinggian yang tak bias ku perkirakan.
            Kembali ku berjalan menuju gerbang kampus. Terasa makhluk penghuni perutku mengadakan perang besar-besaran, yang terjadi antara blok barat dan blok timur. Bagaikan perang yang terjadi pada zaman kolonial Belanda yang menjajah seluruh penjuruh tanah air ini. Tak kuasa aku menahan rasa lapar yang menggerogoti perutku. Ku giring langkahku menuju kantin untuk mendamaikan perang yang sedang berlangsung diperutku.
            “Mie ayam satu pop ice satu, mbak!” kataku pada pedagag di kantin.
            Dengan lahapnya aku menyantap makanan yang ada dihadapan ku. Kekenyangan pun melandaku, aku sukar sekali beranjak dari tempat dudukku. Sabda Rasulullah pun terlintas sejenak di benakku “Berhentilah makan sebelum kenyang”.
            Aku bergegas meninggalkan kantin melanjutkan langkah ku menuju jalan. Seperti biasa, aku pulang dengan menggunakan kendaraan besar beroda empat yang sudah menungguku, kendaraan yang selalu mengantar dan menjemputku. Sebuah kendaraan yang tidak begitu mewah tetapi sangat berguna bagiku dan ketiga sahabat dekatku. Kami pun mengayunkan langkah menaiki bis yang menghampiri. Canda dan tawa serta senyum keceriaan pun tak pernah pudar dari raut wajah kami. Obrolan yang tak pernah hilang yang selalu terlontar dari lekukan lidah kami. Kebersamaan dan rasa saling perduli yang membuat persahabatan kami bagai kepompong, seperti lagu sindentosca yang liriknya “Persahabatan bagai kepompong mengubah ulat menjadi kupu-kupu” begitulah kami.
            Di lampu merah di RS. Charitas ada kejadian yang unik dan cukup mengesankan bagi kami. Ada seorang penumpang berbadan seram berkulit gelap menaiki bis yang kami tumpangi, ia selalu memperhatikan kami, kecurigaan kami makin menjadi-jadi. Untuk cari aman, kami pun turun dari bis tersebut, tanpa kami sadari kami tidak mempunyai ongkos lagi untuk pulang. Sehari menjadi gembel pun jadi semboyan kami hari ini.
            Duduk kami di pinggir jalan sembari menanti ilham yang datang. Akankah ada seorang pahlawan yang turun dari langit membantu kami? Dan akhirnya do’a kami terkabulkan. Ada seorang kondektur bis yang baik hati mengajak kami tanpa membayar.
            Rasa takut, lucu, senang, sedih, entah apa yang menggambarkan perasaan kami saat itu. Kami juga dapat pelajaran berharga dari pengalaman kami hari ini. Kecurigaan terhadap seseorang jangan terlalu berlebihan, karena kita sendiri yang mungkin akan rugi.
            Terik mentari meredup tertutup awan hitam membuat kelam bumi ku yang asri ini. Hembusan angin diiringi suara gemuruh menerpa-nerpa ke seluruh penjuru seolah ia murka. Pepohonan yang menari-nari serta melambai-lambai kan gerakan kesana-kemari, seolah-olah tak kuasa menahan goncangan dari terpaan angin kencang yang marah dikala itu. Derai hujan pun turun membasahi bumi dan tak kulihat lagi lukisan indah dilangit senja, hanya panorama mengerikan yang ada.
            Tetesan air hujan yang jatuh sedikit demi sedikit berkurang, dan perlahan sinar mentari pun memeperlihatkan kilauan cahayanya. Di sudut jendela kamarku aku berdiri, sorot mata ku pun tertuju pada kumpulan warna-warna yang berkilauan menghiasi langit yang sedih karena keelokkannya sejenak terusik oleh awan-awan kelam yang menerkam. Perpaduan warna yang cantik dari pantulan tetesan butir hujan yang tersentuh oleh matahari seakan menambah keceriaan pada diriku setelah penat yang kurasakan saat beraktivitas diluar.
            Keluar ku dari kamarku, bergegas menuju kamar mandi, badan ku sudah letih. Ku siramkan air ke tubuhku, kubersihkan seluruh tubuh sembari ku lantunkan lagu kesukaanku dari grup band asbak. Tak habis nada terlontar dari syatan lidahku, pembersihan yang ku lakukan pun selesai. Pakaian tidur kukenakan, kaca hias berjalan menghampiri ku,”Oh my God” ku lihat betapa indahnya ciptaan Tuhan ini. Sisir yang menari-nari di kepalaku membuat indah penglihatan panca indraku.
            Senja kini berganti  malam, menutup hari yang lelah karena aktivitas yang padat dari pagi hingga senja dan tertutupnya cahaya penerang hari ini membutku letih dan lesu. Badanku lemah seolah tak bertumpu, rasanya ku ingin teriak lepaskan beban terdalam. Namun, apalah daya aku hanya bisa terkapar lemas bagaikan seorang romusa yang selalu dihantam dengan siksaan dari para penjajah yang kejam, yang tak memiliki rasa prikemanusiaan dan prikeadilan. Yang selalu menyiksa batin dan perasaan para rakyat jelata yang tak berdosa dan tak memiliki kesalahn. Oh…sungguh tragis dan menyedihkan.
            Satu hari lagi telah ku lewati. Harapan ku selalu tergambarkan  di benakku “Esok harus lebih baik dari hari ini’.

”TAMAT”

1 komentar:

  1. hey erlitius....
    menarik sekali cerita yang kamu tulis :)

    BalasHapus